KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK A DALAM KEGIATAN BERCERITA DI TK MUSLIMAT 42 NURUL ULUM MANYAR GRESIK

  • Ayunda Sayyidatul Ifadah Sayyidatul Ifadah

Abstrak

Kemampuan menyimak merupakan kemampuan yang paling awal dipelajari oleh anak dari ketiga kemampuan berbahasa lainnya, yaitu berbicara, membaca dan menulis. Kemampuan menyimak dapat dikuasai melalui bimbingan dan pengajaran dari guru. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di TK Muslimat 42 Nurul Ulum Manyar Gresik menggunakan kegiatan bercerita dalam mengembangkan kemampuan menyimak anak.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan menyimak anak dalam kegiatan bercerita, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi, serta metode apa yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan menyimak anak. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitiannya adalah 10 anak dari kelompok A di TK Muslimat 42 Nurul Ulum Manyar Gresik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Aktivitas dalam analisis data model Miles dan Huberman ada 3 langkah yaitu, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data selama proses pembelajaran dalam kegiatan bercerita kemampuan anak masih pada tahap sudah mulai berkembang sesuai dengan indikator yang diharapkan, untuk faktor yang mempengaruhi adalah faktor situasi, dimana keadaan ruangan yang kurang kondusif membuat konsentrasi anak terpecah saat kegiatan bercerita. Dan untuk metode yang digunakan yaitu metode simak – ulang ucap, simak kerjakan, menjawab pertanyaan, dan paraphrase.

Kata kunci : kemampuan menyimak, kegiatan bercerita

Abstract

Listening skill is the earliest ability learned by children of the three other language skills, namely speaking, reading, and writing. Listening skill can be mastered through guiding and teaching of teachers. Based on the results of preliminary observations conducted at TK Muslimat 42 Nurul Ulum, Manyar, Gresik it was used storytelling in developing the listening skill of children.
The purpose of this study to determine the listening skill of children through storytelling, and the factors influencing, as well as the method used to develop the listening skill of children. This study used descriptive qualitative research approach. The subjects of the study were 10 children of group A at TK Muslimat 42 Nurul Ulum, Manyar, Gresik. Technique of data collection in this study using observation, interviews, and documentation and data analysis techniques using Miles and Huberman models. Activity in the model data analysis Miles and Huberman there are 3 steps, ie, data reduction (data reduction), the data display (presentation of data), and conclusion drawing / verification.
Based on the research and data analysis during the learning process of storytelling activity showed that the listening skill was still at the stage had begun to develop in accordance with the expected indicators, for factors affecting was situation factor, where the unfavorable condition of the room made the concentration of children unfocused while the storytelling activity was running. And the methods used were the method of refer – re say, refer – do, answer questions, and paraphrase.

Keywords: listening skill, storytelling

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 64