PENGARUH MEDIA LOTO WARNA DAN BENTUK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNTITIF ANAK KELOMPOK A DI RA AL-ISLAM JETIS DAGANGAN MADIUN

  • MUSLIMAWATI SURYANINGRUM

Abstract

Penelitian pada anak kelompok A dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna dan
bentuk yang masih rendah di RA Al-Islam Jetis Dagangan Madiun. Sebagian besar anak di desa Jetis tidak mengenyam
sekolah play group sehingga kemampuan kognitif dalam mengenal warna dan bentuknya masih rendah. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh media loto warna dan bentuk terhadap kemampuan kognitif
anak di RA Al-IslamJetis Dagangan Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan desain
penelitian Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di RA Al-Islam
Jetis Dagangan Madiun. Sampel yang digunakan adalah jumlah populasi yang berjumlah 34 anak yang dibagi menjadi
dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih secara random berdasarkan urut absen
kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan statistik non parametrik uji beda Mann-Whitney U-Test.
Berdasarkan hasil analisis data antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam mengenal warna dan
bentuk maka diperoleh harga nilai U1 dari kelompok eksperimen lebih kecil daripada kelompok kontrol yaitu U2.
Dengan tingkat kesalahan 0,05 dengan jumlah n1 = 17 dan n2 = 17 diperoleh tabel 77 maka harga U hitung lebih kecil
daripada U tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penggunaan media loto
warna dan bentuk berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di RA Al-Isslam Jetis Dagangan
Madiun.

Kata kunci : loto warna dan bentuk, kognitif

Abstract

This study was motivated by the cognitive ability of children of Group A in recognizing colors and shapes that
are low in RA Al-Islam Jetis Dagangan Madiun. Most children in the Jetis village do not study at play group school so
that the cognitive ability in recognizing color and shape is still low. The purpose of this study was to determine the
effects of color and shape loto media to cognitive ability of children at Group A of RA Al-Islam Jetis Dagangan
Madiun.
This study used quantitative approach i.e. type of quasi-experimental research and Nonequivalen Control
Group Design. The population in this study was children at group A of RA Al-Islam Jetis Dagangan Madiun. The
sample used was the number of the population as many as 34 children who were divided into two groups: experimental
group and control group which were randomly selected based on order absent class The technique used in colleting the
data is in the observation and documentation. The technique used in analyzing the data is non-parametric statistical
test of Mann-Whitney U-Test.
Based on the data analysis between experimental group and control group in recognizing colors and shapes, it
was obtained that U1 value of experimental group was smaller than control group i.e. U2. With level of significance of
0.05 by the number n1=17 and n2=17 it was got table 77 so the value of Ucount was smaller than Utable so that Ho was
rejected and Ha was accepted. Therefore, it can be known that the application of color and shape loto media gives an
impact to the ability of cognitive in RA Al-Islam Jetis Dagangan Madiun.

Keywords: color and shape loto, cognitive

Published
2013-10-01
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 123