KONTRIBUSI POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 2 JOMBANG

  • Ayunda Yustina Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Setyowati

Abstract

Permasalah yang diteliti yaitu kontribusi pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget terhadap
rendahnya perkembangan sosial emosional anak pada aspek kedisiplinan. Tujuan penelitan untuk
mengetahui pengaruh kontribusi pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget terhadap perkembangan
sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Sampel penelitian sebanyak 27
orang tua di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Jombang. Data dikumpulkan menggunakan angket yang
sebelumnya sudah dinyatakan valid dan reliabel. Dalam penelitian menggunakan analisis statistik regresi
linear sederhana yang sebelumnya telah memenuhi uji asumsi klasik yang diolah dengan IBM SPSS 25.
Berdasarkan hasil perhitungan uji regresi linear sederhana diperoleh t hitung sebesar 3,134 dengan
signifikansi sebesar 0,004. Dapat disimpulkan bahwa kontribusi pola asuh orang tua dalam penggunaan
gadget berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak di TK Aisiyah Bustanul Athfal 2
Jombang. Berdasarkan uji deskriptif kategori kecenderungan perkembangan sosial emosional anak
cenderung rendah hal tersebut dikarenakan tingginya tingkat pola asuh yang diterapkan cenderung
menggunakan pola asuh permisif dalam penggunaan gadget. Untuk mencapai perkembangan sosial
emosional yang menyeluruh, orang tua tidak hanya memberikan gadget tapi diperlukan kontrol yang
terstruktur.
Kata Kunci: sosial emosional, pola asuh, gadget.
Ab

Published
2021-05-04
Section
Articles
Abstract Views: 269
PDF Downloads: 2279