Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Saat Pandemi

  • Riyatul Jannah Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Setyowati

Abstract

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya tingkat pendampingan orang tua yang berdampak pada perkembangan sosial emosional anak. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh pendampingan orang tua terhadap perkembangan sosial emosional  anak saat pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sasaran dalam penelitian ini adalah wali murid kelas TK B di TK Dharma Wanita Pesatuan Jabaran. Data diperoleh dan dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebar melalui angket google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan analisa statistik regresi. Analisis statistik regresi linier sederhana digunakan dengan taraf signifikansi α=5% (0,05). Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan pada aplikasi SPPS nilai signifikansi (Sig) menunjukkan 0.00 < 0,05 yang mengandung arti bahwa ada pengaruh variabel independent (X) terhadap variabel dependent (Y).  Maka Ha pada penelitian ini diterima dan H0 ditolak. Hasil perhitungan Koefisien Determinasi (R2) di SPPS adalah 0.758 = 75,8% . Sehingga dapat disimpulkan bahwa perkembangan sosial emosional anak 75,8% dipengaruhi oleh pendampingan orang tua sedangkan sisanya 24,2% dipengaruhi oleh varibel lainya yang tidak di ketauhi. Agar tercapainya perkembangan sosial emosial anak secara signifikan maka perlu adanya pendampingan orang tua. Untuk itu diharapkan orang tua bisa memberikan sedikit waktunya minimal di hari weekend untuk memberikan pendampingan kepada anak. Dengan melakukan pendampingan pada anak maka orang tua mendukung dalam pengoptimalisasi pekembangan anak salah satunya aspek perkembangan sosial emosional khususnya sikap tanggung jawab anak.

Kata Kunci: pendampingan orang tua, perkembangan, sosial emosional.

Published
2021-05-04
Section
Articles
Abstract Views: 217
PDF Downloads: 109