MENGEMBANGKAN KEGIATAN GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Diah Fitrianti Fitrianti

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kegiatan pembelajaran motorik kasar serta kurangnya variasi lagu yang digunakan guru dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan kegiatan gerak dan lagu yang nantinya dapat digunakan sebagai pilihan kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak serta untuk mengetahui apakah kegiatan gerak dan lagu yang dikembangkan oleh peneliti efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan, dimana peneliti membuat beberapa macam kegiatan gerak dan lagu yang divalidasi kepada ahli selanjutnya diuji cobakan kepada anak usia 5-6 tahun di TK Pesantren Sabilil Mutaqin (PSM) 2 Takeran Magetan kemudian peneliti melakukan uji coba pemakaian pada anak usia 5-6 tahun di RA Bahrul Ulum Menganti Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi terstruktur. Teknik analisis datanya menggunakan rumus Wilcoxon.
Dari analisis data diketahui bahwa Thitung > Ttabel ini membuktikan bahwa peningkatan kemampuan motorik kasar yang dialami oleh anak adalah signifikan. Kesimpulan penelitian ini bahwa kegiatan gerak dan lagu yang dikembangkan oleh peneliti efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun.

Kata kunci : kegiatan gerak dan lagu, kemampuan motorik kasar

Abstract


The research was motivated by the lack of har motor skill activities as well as the lack of variation in the songs used for teachers in early childhood learning. The objectives of this research is to develop movement and song which can be used as alternative activities to solve the problems of the lack of hard motor skill as well as to know whether the motion activities and songs that were developed by the researchers effectively to improve 5-6 years old children’s hard motor skill.
This research method development, where researchers make several kinds of movement and songs activities that are validated to the experts then tested the children aged 5-6 years in TK Pesantren Sabilil Mutaqin (PSM) 2 Takeran Magetan and then used in children aged 5-6 years in RA Bahrul Ulum Menganti Gresik. Data collection techniques used in this study is structured observation. The data is analyzed by using Wilcoxon Test.
Based on the data analysis, Tcount >Ttable. It shows that there is a significant improvement of the children’s hard motor skill. This research concludes that movement and song which are developed by the researcher are effective to improve 5-6 years old children’s hard motor skill.

Keywords : movement and song, hard motor skill

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 131