MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN BOLA PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA II PECUK PATIANROWO

  • Galih Sakti

Abstrak

Kemampuan sosial anak kelompok B TK Dharma Wanita II Pecuk Patianrowo masih relatif rendah atau kurang. Permasalahan ini disebabkan karena kegiatan belajar yang dilakukan secara individu lebih banyak diberikan daripada belajar secara kelompok sehingga anak cenderung bermain sendiri daripada bermain bersama temannya. Bermain bola merupakan media yang tidak asing, menarik dan mudah dimainkan bagi anak. Pada umumnya anak bermain bola tidak sendiri melainkan bersama-sama dengan teman. Terkait dengan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bermain bola dapat mengembangkan keterampilan sosial dan kerjasama bagi anak dan untuk mengetahui bermain bola dalam meningkatkan kemampuan sosial anak di kelompok B TK Dharma Wanita II Pecuk Patianrowo.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang yaitu dua siklus, yang disetiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita II Pecuk Patianrowo sebanyak 20 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi sedangkan tehnik analisa datanya menggunakan statistik deskriptif.
Hasil analisa menunjukkan bahwa pada siklus 1 diperoleh hasil observasi kegiatan guru sebesar 66%, hasil observasi kegiatan anak sebesar 55% dan hasil peningkatan kemampuan sosial anak sebesar 64% sehingga hasil yang diperoleh belum sesuai harapan karena target yang ditentukan sebesar 85%. Berdasarkan data pada siklus I maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Hasil dari analisis siklus ke 2 diperolah observasi kegiatan guru sebesar 80%, observasi kegiatan anak sebesar 70% dan observasi peningkatan kemampuan sosial sebesar 90% sehingga penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil. Berdasarkan data dan analisis maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan sosial anak dapat ditingkatkan melalui metode bermain bola dengan cara dilempar.

Kata kunci : kemampuan sosial, bermain bola

ABSTRACT

Social skills children in group B TK Dharma Wanita II Pecuk Patianrowo still relatively low or less. This problem is caused because the learning activities undertaken individually awarded more than learning in groups so that children tend to play alone rather than play with his friend. Playing ball is a medium that is familiar, attractive and easy to play for children. In general, children playing ball is not alone but together with friends. In this regard, the purpose of this study is to find out to play the ball to develop social skills and cooperation of the child and to learn to play the ball in improving children's social skills in group B TK Dharma Wanita II Pecuk Patianrowo.
This study uses classroom action research is designed in the form of repeated cycles of the two cycles, each cycle consisting of four stages, namely planning, action, observation and reflection. The subjects of this study were kindergarten children in group B TK Dharma Wanita II Pecuk Patianrowo many as 20 children. Techniques of data collection using observation sheets while data analysis techniques using descriptive statistics.
The analysis shows that the results obtained in cycle 1 teacher observation activity by 66%, the observation of children's activities by 55% and the increase in the child's social skills by 64% so that the results are not as expected because the target is set at 85%. Based on data from the first cycle, this study continues on the second cycle. Results of the analysis cycle to  observations obtained teachers' activities by 80%, child observation activities by 70% and the observed increase in social skills by 90% so that the study of this class action is declared successful. Based on the data and analysis it can be concluded that the increased social skills can be enhanced through the method of playing ball thrown way.

Keywords: social skills, play ball

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 61