PENGARUH PENERAPAN METODE KARYAWISATA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK KELAS A TK DHARMA WANITA PERSATUAN CANGKIR KECAMATAN DRIYOREJO

  • Putrini Rizkiah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan metode pembelajaran di TK yang kurang bervariasi dalam menyampaikan materi. Selain itu, sumber belajar anak hanya menggunakan buku-buku pelajaran, sehingga kognitif anak tidak dapat berkembang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode karyawisata terhadap kemampuan kognitif pada anak kelas A TK Dharma Wanita Persatuan Cangkir Kecamatan Driyorejo.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif korelasi. Sampel yang digunakan yaitu seluruh anak kelas A TK Dharma Wanita Persatuan Cangkir Kecamatan Driyorejo yang berjumlah 64 anak. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi terstruktur dan angket.
Analisis data menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil analisis data diperoleh nilai korelasi (rhitung) sebesar 0,763 kemudian dicocokkan dengan rtabel dengan N=60 dan taraf signifikan 5% sebesar 0,254. Dari hasil analisis, nilai rhitung lebih besar dari rtabel (rhitung >rtabel) yaitu 0,763>0,254. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini diterima bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan metode karyawisata terhadap kemampuan kognitif pada anak kelas A TK Dharma Wanita Persatuan Cangkir Kecamatan Driyorejo.

Kata kunci: metode karyawisata, kemampuan kognitif.

Abstract

The background of this research is the motivated by implement of learning methods in kindergarten are less varied in presenting the materials,. In addition, a source of learning children using only textbooks, so that children’cognitive ability cann’t develop maximum. The aim of this research is to know the impact of that study tour method to children’cognitive ability in class A of TK Dharma Wanita Persatuan Cangkir, Driyorejo..
This research is correlation quantitative research. The sample of this research is 64 students in class A of TK Dharma Wanita Persatuan Cangkir, Driyorejo. The technical data using the observation structured and the inquiry
The data of this research was analysed by using Product Moment Pearson correlation. The result of analysis showed the correlation value (rcalc) is 0,763, moreover it was verified by using rtable with N=60 and significant value of 5% which showed 0,254. Therefore, the conclusion is rcalc was greater than rtable (rhitung >rtabel) which showed 0,763>0,254. Based on this mater, so this research accepted that there was a significant correlation between the implemntation of study tour method and students’cognitive ability in class A of TK Dharma Wanita Persatuan Cangkir, Driyorejo.
Key wor: study tour method, ability cognitive.
Published
2013-10-01
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 75