PENGEMBANGAN MEDIA CATUR TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Syafika Nur Laily Universitasn Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Mengenalkan tema profesi, tema buah dan tema binatang pada saat kegiatan pembelajaran memerlukan media pembelajaran untuk mendukung capaian tujuan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar. Dengan adanya media pembelajaran dapat membantu guru untuk menyampaikan materi serta dapat membuat anak lebih memahami materi yang disampaikan. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran yaitu media catur tematik yang layak untuk guru/orang tua dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (RnD). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluate). Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 anak. Penelitian dilakukan seara offline di salah satu TK Lumajang. Hasil uji validasi media dan uji validasi materi menunjukkan bahwa media catur tematik layak digunakan. Uji coba yang dilakukan pada anak usia 5-6 tahun menunjukkan bahwa media catur tematik mempunyai kategori tinggi yang artinya layak untuk digunakan pada saat kegiatan pembelajaran pengenalan tema profesi, tema buah dan tema binatang. Media catur tematik dapat mempermudah guru untuk menyampaikan materi tema profesi, tema buah dan tema binatang dan menyenangkan bagi anak serta menjadi ide untuk guru PAUD dalam pengembangan lebih lanjut.

 

Kata kunci: media catur tematik, pengenalan tema, anak usia dini

Abstract

Introducing professional themes, fruit themes and animal themes during learning activities requires learning media to support the achievement of learning objectives according to basic competencies. With the existence of learning media, it can help teachers to deliver material and can make children better understand the material presented. The purpose of this research is to produce a learning media product, namely thematic chess media that is appropriate for teachers / parents to improve speaking skills in children aged 5-6 years. This study uses Research and Development (RnD) research. The development model used in this research is the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluate). The subjects in this study were 15 children aged 5-6 years. The research was conducted offline in one of the Lumajang Kindergartens. The results of the media validation test and the material validation test showed that thematic chess media was feasible to use. Tests conducted on children aged 5-6 years showed that thematic chess media has a high category, which means it is suitable for use during learning activities to introduce professional themes, fruit themes and animal themes. Thematic chess media can make it easier for teachers to deliver material on professional themes, fruit themes and animal themes and is fun for children as well as being an idea for PAUD teachers in further development.

 

Key words: thematic chess media, introduction to themes, early childhood

Published
2021-06-02
Section
Articles
Abstract Views: 188
PDF Downloads: 148