PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Rohmatul Maulidiya Maulidiya Universitas Negeri Surabaya
  • Dewi Komalasari Komalasari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterbatasan dalam penggunaan Alat Permainan Edukatif dapat membuat pembelajaran menjadi monoton, membosankan dan tidak menarik. Hal tersebut bisa menghambat proses perkembangan anak, salah satunya adalah perkembangan kognitif anak dalam berfikir simbolik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil pengembangan Alat Permainan Edukatif Little Uno  dan untuk mendapatkan efektifitas Alat Permainan Edukatif Little Uno  dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Simbolik  Anak Usia 5-6 tahun melalui validasi ahli materi dan ahli media serta uji coba ke anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis-Design Development-Implementation and Evaluation). Uji validasi ahli materi dan ahli media oleh dosen jurusan PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, UNESA yang diperoleh hasil 99% validasi materi dan 94% validasi media sehingga dinyatakan layak digunakan tanpa revisi . Subjek uji coba dilakukan pada 5 anak Usia 5-6 tahun dikecamatan Bungah dengan teknik observasi dengan hasil 1) 5 dari 5 anak mengetahui huruf A-Z dengan baik, 2) 5 dari 5 anak mampu menunjukkan lambang huruf kapital A-Z dengan baik, 3) 5 dari 5 anak mampu menunjukkan lambang huruf kecil A-Z dengan baik, 4) 4 dari 5 anak mengetahui huruf Vokal 5) 4 dari 5 anak mengetahui huruf konsonan 6) 4 dari 5 anak mampu menyebutkan lambang huruf vokal 7) 5 dari 5 anak mampu melengkapi huruf menjadi sebuah kata dengan baik, 8) 4 dari 5 anak mampu menyusun huruf menjadi sebuah kata dengan baik, 9) 5 dari 5 anak mampu membaca kata pada kartu gambar dengan baik. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini bahwa Alat Permainan Edukatif Little Uno layak digunakan untuk anak usia 5-6 tahun dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berfikir simbolik. 

Kata Kunci : Alat Permainan  Edukatif, Berfikir Simbolik, Anak Usia 5-6 Tahun.

Published
2021-06-02
Section
Articles
Abstract Views: 152
PDF Downloads: 128