PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Hildhayatuz Alfika Salim Universitas Negeri Surabaya
  • Dewi Komalasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan problem solving pada anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan media digital permainan tradisional engklek yang didesain dalam bentuk aplikasi animasi android. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Reaserch and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, implementation, Evaluation). Uji kelayakan pada permainan  tradisional engklek digital yaitu dosen ahli validasi materi dan dosen ahli validasi media. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan permainan tradisional engklek digital yaitu dilakukan pada 5 anak berusia 5-6 tahun di Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Perolehan data didapat dari observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu produk pengembangan aplikasi engklek berbasis digital yang berupa aplikasi games. Dari hasil uji kelayakan dosen ahli validasi materi dan dosen ahli validasi media memperoleh  nilai sebesar  91% dari dosen ahli validasi materi, sedangkan 81% dari dosen validasi ahli media. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi engklek digital sangat baik atau layak untuk digunakan.  Dari hasil uji coba produk kepada anak 5 anak berusia 5-6 tahun memperoleh penilaian dari lembar observasi  nilai sebesar  95%.  Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan tradisional engklek berbasis digital efektifuntuk digunakan.

 

Kata Kunci : permainan engklek, problem solving, anak usia 5-6 tahun

Published
2021-06-07
Section
Articles
Abstract Views: 259
PDF Downloads: 200