PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PSM II TAKERAN MAGETAN

  • Renty Fridyastuti

Abstrak

Penelitian pada anak kelompok A di TK PSM II Takeran Magetan yang rentang usia 4-5 tahun ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan motorik halus anak, hal ini dikarenakan pembelajaran motorik halus yang digunakan kurang bervariasi dan menyenangkan sehingga kemampuan motorik halusnya kurang berkembang. Metode proyek adalah salah satu metode yang dirasa cukup efektif untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak karena anak diberikan kesempatan untuk memecahkan suatu masalah baik secara individu maupun kelompok. Oleh karena itu tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk membuktikan ada pengaruh metode proyek terhadap kemampuan motorik halus pada anak khususnya kelompok A.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre Experimental Design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik Wilcoxon match pairs test.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil pre-test 7,7 dan rata-rata hasil post-test 12,2. Hasil perhitungan dengan uji jenjang dengan tabel penolong Wilcoxon diperoleh Thitung < Ttabel (0<14) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil. Maka, metode proyek berpengaruh signifikan terhadap kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK PSM II Takeran Magetan.

Kata Kunci: metode proyek, motorik halus.

Abstract

This research which is conducted at A group children at PSM II Kindergarten Takeran Magetan is based on the low soft motor skill of the children. It is because the learning used less and not really interesting. Therefore, their soft motor skill is not developed well. Project method is one of the effective methods to develop children’s soft motor skill because they are given chance to solve the problem either individually or group. The purpose of this research is to prove that there is a project method for the A group children’s soft motor skill.
This research is pre experimental design by using one group pre-test and post-test design. Data collection technique in this study is the observation and documentation, the data analysis technique is non parametric statistic by using Wilcoxon match pairs test.
Based on the data analysis of children’s soft motor skill from pre-test and post-test, the average score of pre-test is 7.7 and post-test is 12.2. The result of the Wilcoxon match pairs test is Tcount < Ttable (0<14). Therefore, Ha is accepted and Ho is rejected. It can be concluded that the research is successful. This research proves that the project method has significant effect for the A group children’s soft motor skill at PSM II Kindergarten Takeran Magetan.

Keywords: project method, soft motor.

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 144