PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF (SAINS) PADA KELOMPOK B DI TK MARDI PUTRA WIDANG TUBAN

  • Ilmi ‘Uyun Cahyani

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kognitif (sains) anak yaitu pemahaman mengenai konsep sains sederhana. Hal ini diakibatkan oleh metode pembelajaran yang digunakan di TK masih bersifat konvensional sehingga membuat membuat anak menjadi pasif. Metode eksperimen adalah salah satu metode yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif (sains) anak yaitu memberikan kesempatan kepada anak untuk bereksplorasi sehingga anak bisa membangun pemahamannya sendiri. Oleh karena itu tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap kemampuan kognitif (sains) pada anak kelompok B khususnya.
Penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan jenis One-Group Pre-test Post-test Design. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Mardi Putra Widang Tuban yang berjumlah 14 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik nonparametrik dengan menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test.
Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata hasil pre-test 20,8 dan rata-rata hasil post-test 26,8 dengan Thitung ≤ Ttabel (0 ≤ 21). Jadi Ha dterima dan dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode eksperimen berpengaruh terhadap kemampuan kognitif (sains) pada kelompok B di TK Mardi Putra Widang Tuban.

Kata kunci: metode eksperimen, kemampuan kognitif (sains)

ABSTRACT

This research is motivated by the lack of cognitive ability (science) children namely simple understanding of science concepts. This is caused by the learning methods used in kindergarten is still conventional to make the make the children become passive. Experimental method is one method that can develop cognitive skills (science) the child is to give opportunities for children to explore so that children can build their own understanding. Therefore the objectives of this study is to demonstrate the effect of the use of experimental methods to the cognitive abilities (science) in group B children in particular.
This study uses the Pre-Experimental Design with type One-Group Pre-test Post-test Design. The study subjects were 14 children in group B TK Mardi Putra Widang Tuban. Data collection methods used were observation and documentation. The data analysis technique used is non-parametric statistical analysis techniques using Wilcoxon Match Pairs Test.
From the calculations, the average value of the pre-test average of 20.8 and post-test results with t ≤ 26.8 ttabel (0 ≤ 21). So Ha dterima and it can be stated that the use of the experimental method effect on cognitive abilities (science) in group B in kindergarten Mardi Putra Widang Tuban.

Keywords : experiment method, cognitive ability (science).

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 41