ENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 39 KECAMATAN SUKOLILO KOTA SURABAYA

  • Umi Masturoh

Abstrak

Pendidikan Karakter adalah upaya menanamkan dan mengembangkan karakter-karakter nilai baik kepada anak, sehingga mereka memiliki karakter baik dan menerapkan dalam kehidupannya. Pendidikan karakter mencakup banyak nilai-nilai dasar yang harus diterapkan pada anak salah satunya adalah nilai karakter tanggung jawab. Penelitian pada anak usia 4-5 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Kota Surabaya dilatarbelakangi oleh pembiasaan pendidikan karakter terutama nilai karakter tanggung jawab hanya mencapai 30% dalam hal pembiasaan memberi nama pada barang milik sendiri saat melakukan tugas, memelihara APE sekolah, membuang sampah pada tempatnya setelah kegiatan, merapikan peralatan/mainan yang telah digunakan, mengembalikan peralatan/mainan pada tempatnya setelah digunakan, serta melaksanakan tugas yang diberikan hingga selesai.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh metode demonstrasi terhadap pendidikan karakter anak usia 4 – 5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain penelitian one-group pre-test post test design. Teknik pengumpulan data pada peelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, analisis data penelitian ini menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Match Pairs Test) yang dimana jumlah subyek yang digunakan dalam penelitian < 30.
Berdasarkan hasil analisis data tentang pendidikan karakter utamanya nilai karakter tanggung jawab pada saat observasi awal (pre test) dan observasi setelah perlakuan (post test) menggunakan metode demonstrasi diperoleh nilai rata-rata hasil pre test 13,8 dan rata-rata hasil post test 18. Hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh t hitung = 0 lebih kecil dari t tabel = 52 dan hasil pengambilan keputusannya yaitu: Ha diterima karena t hitung < t tabel (0<52) dan Ho ditolak karena t hitung > t tabel (0>52). Simpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh metode demonstrasi terhadap pendidikan karakter anak usia 4 – 5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 kecamatan Sukolilo kota Surabaya.

Kata kunci: pendidikan karakter, nilai karakter tanggung jawab, metode demonstrasi.

Abstract

Character education is an effort to instill and develop the characters better value to the child, so that they have good character and apply in their lives. Character education includes many basic values that should be applied to children one of which is the responsibility of character values. Studies in children aged 4-5 at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Surabaya motivated by customizing characters, especially the value of character education responsibility only reached 30% in terms of habituation to name his own belongings while performing the task, maintaining APE school, dispose of waste in place after activity, smoothing equipment / toy that has been used, return the equipment / toys in place after use, as well as carrying out the tasks assigned to complete.
The purpose of this study was to investigate The Effect Of Demonstration Method To The Character Education Children Ages 4-5 Years At Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Sukolilo District Surabaya City amounting to 20 children. This research is a quantitative approach to experiment with the type of research design one-group pre-test post-test design. Data collection techniques in this peelitian is observation and documentation, nalysis of research data using non-parametric statistical test levels marked Wilcoxon (Wilcoxon Match Pairs Test) which is where the number of subjects used in the study <30.
Based on the analysis of data about its main character education character values of responsibility at the time of initial observation (pre-test) and observation after treatment (post-test) using the method of demonstration obtained an average value of pre-test results of 13.8 and an average post test results of 18 . Calculation results obtained with test levels t = 0 is smaller than t table = 52 and the results of decision-making that is: Ha accepted because t <t table (0 <52) and Ho is rejected because t count> t table (0> 52) . The conclusions of this research is there The Effect Of Demonstration Method To The Character Education Children Ages 4-5 Years At Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Sukolilo District Surabaya City.

Keywords: character education, character values of responsibility, methods of demonstration.

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 83