PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK TK KELOMPOK A DI DESA WAGE KECAMATAN TAMAN KABUPATEN SIDOARJO

  • Siti Kholidatul Fauzia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan anak dalam berbahasa khususnya berbicara yang kurang berkembang secara maksimal, hal ini karena kurangnya variasi metode yang digunakan guru dalam pembelajaran berbahasa. Metode karyawisata merupakan cara pembelajaran yang membawa atau mengikutsertakan anak untuk mengunjungi suatu tempat diluar kelas secara langsung guna mempelajari, mengamati, suatu obyek secara langsung sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Metode ini merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode karyawisata terhadap kemampuan bahasa pada anak TK kelompok A di Desa Wage Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK kelompok A di Desa Wage Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo yang sudah menerapkan metode karyawisata dalam pembelajaran yaitu RA Al-Qodir dan TK Al-Amin. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 87 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Korelasi Product Moment dengan bantuan program SPSS for windows 17.
Dari hasil analisis data diperoleh hasil korelasi sebesar 0,493 kemudian dicocokkan dengan product moment. Berdasarkan dengan jumlah sampel 90 dan taraf signifikasi 5% diperoleh nilai 0,207. Dari hasil analisis, terlihat bahwa nilai > yaitu 0,493 > 0,207 maka koefisien korelasi yang diperoleh signifikan. Dengan demikian ada hubungan yang signifikan antara metode karyawisata terhadap kemampuan bahasa anak TK kelompok A di Desa Wage Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo.

Kata kunci : metode karyawisata, bahasa, taman kanak-kanak

Abstract

This research is motivated by the child's ability to speak the language especially the less developed to the maximum, this is due to the lack of variation in the methods used by teachers in language learning. Study tour method is a method of learning how to take or engage the child to visit a place directly outside the classroom in order to learn, observe, an object is directly in accordance with the real situation. This method is one method that can be used to develop language skills. This research aims to find out the effect of study tour for A group kindergarten children’s language skill at Wage, Taman, Sidoarjo
This research is a quantitative correlational research. A group children of RA Al-Qodir and Al-Amin kindergarten at Wage, Taman, Sidoarjo who have been applied the study tour in their learning process, become the population of this research. There are 87 children become the research sample. Study tour method and language skill is measured by observation, and questionnaire.The data analysis used is product moment correlation which is assisted by SPSS for windows 17.
The result of the correlation is 0.493. This score is consulted to of product moment. Based on the which has 90 sample and significant level of 5% , the result is 0.207. > , 0.493> 0.207. Therefore, the correlation coefficient is significant. Therefore, there is significant correlation between study tour and children’s language skill at A group of kindergarten at Wage, Taman, Sidoarjo.

Key Words: study tour method, language, kindergarten.

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 97