PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF “THINK PAIR SHARE” TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 ANAK KELOMPOK A2 DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN LOWAYU KABUPATEN GRESIK

  • Nur Aisyah Wulandary

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kurangnya kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 anak pada kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Lowayu. Salah satu faktor penyebab kurangnya kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 adalah pembelajaran yang diterapkan di TK Dharma Wanita Persatuan Lowayu masih menggunakan model pembelajaran klasikal, padahal masih banyak model pembelajaran yang bisa diterapkan selain model pembelajaran klasikal. Salah satunya yakni model pembelajaran kooperatif “think pair share”. Model pembelajaran kooperatif “think pair share” merupakan model pembelajaran kelompok yang pembagian kelompoknya berpasangan dengan pola berpikir-berpasangan-berbagi.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif “think pair share” terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 anak kelompok A2 di TK Dharma Wanita Persatuan Lowayu Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre ekspermental design dengan jenis one group pre-test dan post-test design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakaan observasi partisipatif dalam bentuk observasi terstruktur dengan teknik analisis data wilcoxon match pair test.
Berdasarkan analisis data diperoleh Thitung<Ttabel (0<52) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif “think pair share” terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A2 di TK Dharma Wanita Persatuan Lowayu Kabupaten Gresik” telah terbukti.

Kata kunci : model pembelajaran, kooperatif “think pair share”, konsep bilangan

Abstract

The research based on that children ability of knowing numbering 1-10 concept for group A in TK Dharma Wanita Persatuan Lowayu . One of the causes of the lack of children ability of knowing numbering concept 1-10 for group A is learning model was implemented classical model, whereas many learning models able to be implemented in kindergarten. One of them is cooperative learning model “ think pair share “. It is cooperatif learning model that the groups are divided in pairs with pattern think-pair-share.
The purpose of this research was to know the influence of implementing cooperative learning model “ think and share “ through ability of knowing numbering concept 1-10 group A2 at TK Dharma Wanita Persatuan Lowayu Gresik Regency. This research used pre experiment design with one group pre-test and post-test design types. This research used data aggregated tecnic partisipation observasi on stuctured observasi with data analysis wilcoxon match pair test
Based on data analysis was gained Tcount<Ttable (0<52) so that Ho rejected and Ha accepted. Research hypothesis concluded that “ There were significance influence of implementing cooperative “think pair share” through ability of knowing number concept 1-10 group A2 at TK Dharma Wanita Persatuan Lowayu Gresik Regency” already proved.

Keywords : Learning Model, cooperative “think pair share”, numbering concept

Published
2013-10-01
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 28