PENGEMBANGAN MEDIA BUSY FILE CORONA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Diah Safira Laily Universitas Negeri Surabaya
  • Dewi Komalasari

Abstract

Abstrak                                                                                    

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan kognitif anak salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah dalam memahami apa saja yang harus dilakukan pada saat masa pandemi virus corona. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui desain pengembangan dan hasil kelayakan media pengembangan media busy file corona dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak usia 5 – 6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli media dan ahli materi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data berupa data kualitatif dan data kuantitatif dengan persentase penilaian yang sudah ditentutkan. Sasaran dalam penelitian ini yaitu 10 Guru TK di Kota Jombang. Data diperoleh dan dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner yang dilakukan secara online. Hasil uji kelayakan ahli media memperoleh nilai rata – rata sebesar 73%, sedangkan untuk ahli materi memperoleh nilai rata – rata sebesar 85,71%, maka pengembangan media busy file corona mendapatkan keterangan layak untuk digunakan. Hasil kuesioner penilaian 10 guru diperoleh nilai rata – rata sebesar 92,75%, maka pengembangan media busy file corona dapat dikatakan layak untuk digunakan. Implikasi pada penelitian ini yaitu pada aspek kebermanfaatan media busy file yang memberikan pengaruh positif pada anak usia dini guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang terbentuk dengan memberikan stimulasi yang ada pada media busy file corona yang dapat dimainkan oleh anak serta dapat diimplementasikan dengan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari anak setelah mempelajari dan menggunakan media tersebut.

Kata kunci: anak usia dini, pemecahan masalah, busy file corona

Abstract

This research is motivated by the lack of cognitive abilities of children, one of which is the cognitive ability to solve problems in understanding what to do during the corona virus pandemic. The purpose of this study was to determine the form, the results of the feasibility of the advantages, disadvantages of the busy file corona media development media to improve the problem solving ability of children aged 5 - 6 years. This study uses the Research and Development (R&D) method using the ADDIE development model. Product feasibility is based on the results of the assessment of media experts and material experts The data collection instrument used a questionnaire (questionnaire. The data analysis techniques were qualitative and quantitative data. The target of this research is 10 Kindergarten Teachers in Jombang City. Data were obtained and collected using a questionnaire technique which was conducted online. The results of the feasibility test for media experts obtained an average score of 73%, while material experts obtained an average score of 85.71%, so the development of the busy file corona media received information that was suitable for use. The results of the 10 teacher assessment questionnaire obtained an average value of 92.75%, so the development of the busy file corona media can be said to be feasible to use. The implication of this research is on the aspect of the usefulness of busy file media which has a positive influence on early childhood in order to improve problem-solving abilities formed by providing stimulation in the busy file corona media which can be played by children and can be implemented effectively in improving problem solving abilities. problems and can be applied in children's daily lives after studying and using the media.

Keywords: early childhood, problem solving, busy file corona

Published
2021-07-02
Section
Articles
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 193