Pengaruh Metode Bercerita Dengan Menggunakan Alat Peraga Wayang Karton Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok A TK Tulus Sejati Tambaksari Surabaya

  • Siti Aisah Agnia

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di TK Tulus Sejati, ditemukan kelompok A masih belum banyak menguasai kosakata. Dapat terlihat dari komunikasi yang mereka gunakan sehari-hari di TK dan ada anak yang tidak mau berbicara jika ada pertanyaan dari guru dan menyampaikan gagasan atau pendapat dalam suatu kegiatan. Hal ini dikarenakan metode pengajaran guru yang kurang bervariatif dan penggunaan media yang kurang maksimal. Alat peraga wayang karton merupakan salah satu media yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Oleh karena itu peneliti memberikan jalan keluar dengan menerapkan metode bercerita dengan alat peraga wayang karton untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh metode bercerita dengan menggunakan alat peraga wayang karton terhadap kemampuan berbicara anak usia dini kelompok A TK Tulus Sejati Tambaksari Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Pre-Experimental Design dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design dengan subjek yang diteliti berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon atau Wilcoxon Match Pairs Test.
Dari hasil analisis data diperoleh hasil Thitung < Ttabel (0<10). Dimana jika Thitung ≤ Ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dengan menggunakan alat peraga wayang berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak.

Kata Kunci : pengaruh. metode bercerita, alat peraga wayang, kemampuan bahasa

Abstract

Based on the observation at TK Tulus Sejati, it is found that group-A has not mastered many vocabularies. It is obvious from their daily communication at the kindergarten and even there is also some child refuses to answer teachers questions or expresses their ideas or opinion in any activities. This is because the teaching methods of teachers who are less varied and less than the maximum use of the media. Props cardboard puppet is one medium that can improve speaking ability of young children. Therefore, the researcher tried to give solution by applying storytelling method using carton puppets media to increase speaking skill. The purpose of the research is to analyze the influence of storytelling method using carton puppets with speaking skill early aged-children of group-A in TK Tulus Sejati Tambaksari Surabaya.
This is quantitative research which is using Pre-Experimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design with subject in this research amount of 13 children. The data collection techniques used in this stud is namely observation method and statistic analysis method that applied is Wilcoxon Match Pairs Test.
From the research result describe that Tcalculation < Ttable (0<10). Where if Tcalculation ≤ Ttable, so Ha is accepted and H0 is rejected. Thus, it can be concluded that there is any influence between storytelling method using carton puppets with the speaking skill of early aged-children.

Keywords : the influence, storytelling method, carton puppets, the speaking skill

Published
2013-10-01
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 17