PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK WISMA INDAH KECAMATAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

  • Sulihati Mawarda

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berbicara anak kelompok B yang kurang terstimulasi secara optimal dikarenakan dalam proses belajar-mengajar di kelas anak cenderung hanya mendengarkan guru berbicara di depan kelas sehingga anak menjadi kurang aktif dalam berbicara. Model pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran terpadu yang mendorong anak untuk mampu belajar dan terlibat aktif dalam pembelajaran. Karena itu perlu adanya stimulasi dalam memunculkan kemampuan berbicara anak melalui penerapan model pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran tematik dalam menstimulasi kemampuan berbicara pada anak kelompok B di TK Wisma Indah Kec. Kedungwaru Tulungagung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman.
Dari hasil analisis data penerapan model pembelajaran tematik, diketahui ada tiga kemampuan berbicara anak yang berkembang yaitu, berani bertanya dan menjawab pertanyaan, bercerita tentang gambar yang disediakan atau dibuat sendiri dan melanjutkan cerita/ dongeng yang telah didengar sebelumnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran tematik efektif dan dapat menstimulasi kemampuan berbicara anak secara optimal. Diharapkan guru untuk mampu mengelola dengan baik dan menjadikan model pembelajaran tematik sebagai model pembelajaran yang diterapkan di kelas.
Kata kunci : model pembelajaran tematik dan kemampuan berbicara
Abstract
his research is motivated by the speech of children in group B were less optimally stimulated because of the teaching-learning process in class children tend to only listen to the teacher talking to the class so that children become less active in speaking. Thematic learning model is an integrated model of learning that encourages children to be able to learn and engage actively in learning. Hence the need for stimulation in eliciting speech of children through the application of thematic learning model.The purpose of this study is to determine how the application of thematic learning model in stimulating the child's ability to speak in group B at Wisma Indah kindergarten Kedungwaru Tulungaggung
This research uses descriptive qualitative research approach. Data collection techniques in this study using observation, interviews, and documentation. This study uses data analysis techniques Miles and Huberman models.
From the analysis of the data, it can be seen there are three children who developed the ability to speak is, daring to ask and answer questions, talk about the pictures provided or made themselves, and continuing the story / fairy tale that has been heard before. The conclusion from this study is that the thematic learning model and can effectively stimulate the child's ability to speak optimally. Teachers are expected to be able to manage well and make thematic learning model as a model of applied learning in the classroom.
Keywords: models of thematic learning and speaking skill.
Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 11