PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B di TK ABA IV KOTA KEDIRI

  • Garin Diah Palupi

Abstract

Kemampuan mengenal lambang bilangan merupakan salah satu tingkat pecapaian perkembangan kognitif pada anak usia dini yang perlu ditingkatkan. Kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B TK ABA IV Kota Kediri berdasarkan hasil pengamatan lapangan masih rendah dan perlu diperhatikan. Penggunaan media dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan yang tepat agar tidak merusak pola perkembangan anak sangat diperlukan, flashcard merupakan salah satu media yang sering digunakan oleh guru untuk kegiatan menjelaskan huruf, nama benda, dan lambang bilangan.
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media flashcard terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B TK ABA IV Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Ekperimental khususnya desain Nonequivalent Control Group. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mann-Whitney U-Test.
Berdasarkan dari analisis data bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan menunjukkan hasil yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan < (1<56), yang berarti pada penelitian ini diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media flashcard berpengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B TK ABA IV Kota Kediri.

Kata kunci : media flashcard, kemampuan mengenal lambang bilangan

Abstract

The ability in recognizing the numeral symbols is one of the achievement levels of the cognitive development which is need to be improved in the early age of the children. Based on field observations, the ability of recognizing the numeral symbols on students in group B TK ABA IV Kediri is still low and need to be considered. The use of media in learning to know the exact number symbol to avoid damaging patterns of child development is needed, flashcard is one medium that is often used by teachers to explain the activities of the letter, name objects, and numeral symbols
The objectives of this research is to know is there any influence use of flashcard media agains the ability of recognizing the numeral symbols of students in group B TK ABA Kediri. This research used experimental research approach, especially in the quasi experimental with nonequivalent control group design. The data collection in this research is using observational and documentation methods. Data analysys techniques used in this research is Mann-Whitney U-Test.
Based on the analysis of the data shows that the ability to recognize the numeral symbols is significant. The result of this research shows that the Ucount < Utable (1<56), by that means the Ha in this research is accepted. Hence, it can be concluded that the flashcard media influences the ability in recognizing the numeric symbols in students group B TK ABA IV Kediri.

Keywords: flashcard media, ability to recognize the numeral symbols

Published
2013-10-01
Abstract Views: 145
PDF Downloads: 763