Optimalisasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Berbasis Flipbook Maker
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan buku saku motorik kasar berbasis flipbook maker, untuk mengetahui kelayakaan buku saku motorik kasar berbasis flipbook maker dan untuk mengetahui hasil uji efektifitas buku saku motorik kasar berbasis flipbook maker. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Reaserch and Development) dengan model ASSURE. Teknik analisis data pada Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian ini menggunakan target partisipan anak usia 5-6 tahun di TK DW Kedungwilut sebagai sampel utama untuk uji coba produk buku saku motori kasar anak berbasis flipbok maker, anak usia 5-6 tahun di TK DW Ngungghan 1 sebagai uji validitas instrumen dan anak usia 5-6 tahun di TK DW Bantengan untuk sebagai uji coba produk konvensional atau LKA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media buku saku motori kasar berbasis flipbook maker yang berisikan materi permainan tradisional engklek dan lompat tali efektif untuk mengoptimalkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun khususya dalam aspek keseimbangan, melempar dan mengayun. Hasil survei dari feedback oran g tua menunjukan bahwa buku saku motorik kasar yang telah dikembangkan terbukti efektif sebagai media pembelajaran untuk mengoptimalakan kemampuan motorik kasar anak. Dengan tingkat keefektifan lebih tinggi dibandingkan dengan media konvensional atau LKA yang biasanya digunakan guru sebagi media pembelajaran kepada peserta didik. Media buku saku motorik kasar berbasis flipbook maker yang berisikan kegiatan permainan tradisional lompat tali dan engklek ini cocok digunakan sebagai media pendukun pengoptimalan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun pada masa pandemi ini karena media ini bisa di akses secara online.
Kata Kunci: motorik kasar, buku saku, permainan tradisional, flipbook maker.
PDF Downloads: 188