PENGEMBANGAN PERMAINAN PUTRI (PUZZLE GEOMETRI) BERBASIS DIGITAL UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN SPASIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • Faridah Ummu Imara Universitas Negeri Surabaya

Abstract

       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dari permainan puzzle geometri berbasis digital guna menstimulasi kecerdasan spasial anak, untuk mentehaui kelayakan permainan puzzle geometri berbasis digital, dan untuk mengetahui efektivitas permainan puzzle geometri berbasis digital terhadap kecerdasan spasial anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri dan warna. Jenis penelitian ini merupakan R&D (Reaserch and Development) dengan menggunakan model ASSURE. Target partisipan dalam penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun di TK PGRI II Taji sebagai uji validitas instrumen, anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Duriwetan sebagai sampel utama untuk uji coba produk puzzle geometri berbasis digital dan TK Muslimat NU Hidayatul Athfal sebagai uji coba produk konvensional (LKA). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner untuk ahli materi, ahli media, guru, dan orang tua melalui google form yang dilakukan secara online. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mendapatkan gambaran dari kecerdasan spasial anak dan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle geometri berbasis digital terhadap kecerdasan spasial anak. Berdasarkan hasil uji regresi berganda menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel X1 (media digital) dibawah 0,05 dengan nilai signifikansi sebesar 0,029 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media puzzle geometri berbasis digital terhadap kecerdasan spasial anak. Pada variabel X2 (media konvensional) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,780 > 0,05 yang artinya tidak terdapat pengaruh media konvensional terhadap kecerdasan spasial anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media puzzle geometri berbasis digital yang telah dikembangkan terbukti efektif sebagai media pembelajaran untuk menstimulasi kecerdasan spasial anak dalam mengenal bentuk dan warna dengan tingkat keefektifan yang sangat tinggi dibandingkan dengan media konvensional menggunakan LKA yang biasa digunakan oleh sekolah sebagai media pembelajaran bagi anak.

Kata Kunci: kecerdasan spasial, puzzle, geometri, berbasis digital.

Published
2021-07-12
Section
Articles
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 216