PENGARUH PERMAINAN KARTU EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK TK A (USIA 4-5 TAHUN) DI TK DHARMA WANITA BERINGIN Ds. KWEDEN KEMBAR Kec. MOJOANYAR- MOJOKERTO

  • Esthi Dwi Jayanti

Abstrak

Konsep bilangan 1-10 merupakan tahapan awal untuk mengembangkan keterampilan berhitung. Berdasarkan observasi pada anak TK A di TK Dharma Wanita Beringin Mojokerto, kemampuan dalam mengenal konsep bilangan masih kurang terlihat, anak masih kurang mengenal simbol bilangan 1-10. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara permainan kartu edukasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik nonparametrik dengan Mann Whitney U Test.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai U2 lebih kecil dari U1 maka yang digunakan untuk membandingkan U tabel adalah U2 yang nilainya 0. Taraf kesalahan 5% dengan n1= 14 dan n2= 13 diperoleh harga U tabel= 43. Harga U hitung lebih kecil dari tabel (0< 43) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa kartu edukasi memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di TK Dharma Wanita Beringin- Mojokerto.

Kata kunci : kartu edukasi, konsep bilangan

Abstract

Concept of numbers 1-10 are early stages to develop numeracy skills. Based on the observation on a kindergarten child in kindergarten Dharma Wanita Beringin Mojokerto, the ability to recognize the concept of number is still less visible symbol of the child is still less familiar numbers 1-10. The goal is to prove the influence of educational card game with the ability to recognize the concept of numbers.
Research design used in this study using quantitative methods with experimental research designs. Research techniques documentation and observation. The analysis technique used is the technique of nonparametric statistical analysis with Mann Whitney U Test.
Based on the survey results revealed that the value is smaller than U1 U2 then used to compare U2 U is a table whose value is 0. 5% error level with n1 = 14 and n2 = 13 obtained U price table = 43. Prices U count is smaller than the table (0 <43) then Ho is rejected and Ha accepted. Based on analyze can concluse that education card has an influence on the ability to know the concept of number in preschool children in group A Dharma Wanita Beringin-Mojokerto.

Keyword: education card, concept of number

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 28