PENGARUH METODE BERMAIN PERAN BERSETTING PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B TK BAITURRAHMAN SEKARAN, LAMONGAN

  • Tri Wahyuni Mayasari

Abstrak

Kemampuan sosial anak usia dini memiliki peranan penting yaitu perilaku sosial yang merupakan aktifitas dalam hubungan dengan orang lain, baik dengan teman sebaya, guru, orang tua maupun saudara-saudaranya..Latar belakang penelitian ini didasari oleh kurangnya sosialisasi anak kelompok B di TK Baiturrahman, Sekaran, Lamongan khususnya dalam berkomunikasi, berinteraksi dan berdiskusi sesama teman. Hal ini terlihat dari banyak anak yang cenderung egois dan lebih suka sendiri dalam melakukan suatu kegiatan, sehingga anak kurang bersosialisasi dengan teman lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh metode bermain peran bersetting permainan ular tangga terhadap kemampuan sosial anak kelompok B di TK Baiturrahman Sekaran Lamongan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre eksperimen dengan jenis penelitian pre-experimental design terutama pre eksperimen one-group pretest design. Subyek penelitian ini adalah anak usia dini kelompok B diTK Baiturrahman Sekaran Lamongan yang berjumlah 14. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji Wilcoxon .
Berdasarkan analisis data dengan uji Wilcoxon diperoleh hasil Thitung< Ttabel (0<8), karena Thitung > Ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bermain peran bersetting permaianan ular tangga terhadap kemampuan sosial anak kelompok B di TK Baiturrahman Sekaran Lamongan.

Kata kunci : Metode bermain peran, Bersetting permainan ular tangga, kemampuan sosial

ABSTRACT

Early childhood social skills have an important role that social behavior is an activity in relation to other people, both with peers, teachers, parents and siblings .. The background of this research is based on the lack of socialization of children in kindergarten Baiturrahman group B, Sekaran, Lamongan particularly in communication, interaction and discussion among friends. It is evident from the many children who tend to be selfish and prefer their own in doing an activity, so the child is less socializing with other friends.
The purpose of this study was to determine whether or not the influence of role-playing methods snakes and ladders game set in the child's social skills in kindergarten group B Baiturrahman Sekaran Lamongan. This research uses pre experimental research with this type of pre-experimental research design, especially pre-experimental one group pretest design.
The subject of this study is the early childhood group B diTK Baiturrahman Sekaran Lamongan, amounting to 14. Data collection techniques in this study using observation and documentation, while the data. Based on data analysis by Wilcoxon test results obtained t <t table (0 <8), because tcount> ttable then Ho is accepted and Ha rejected so it can be concluded that there is a method of playing the role of influence takes place against the snakes and ladders games or social skills in kindergarten children in group B Baiturrahman Sekaran Lamongan.

Keywords: Method of playing role, set in snakes and ladders game, social skills

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 32