PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PERMAINAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Sri Ika Widi Lili Mayasari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk buku panduan permainan sains yang layak dan efektif digunakan sebagai pembelajaran kognitif pemecahan masalah pada anak usia 5 – 6 tahun. Kemampuan kognitif pemecahan masalah merupakan cara anak dengan menggunakan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang bermakna. Kurangnya variasi pembelajaran disekolah adalah salah satu kendala dalam pembelajaran sehingga perlu dilakukan pengembangan buku panduan permainan sain untuk memandu guru dalam kegiatan pembelajaran. Pentingnya permainan sains untuk mengoptimalkan kemampuan kognitif pemecahan masalah. Pokok pikiran untuk mewujudkan pembelajaran sains yang menyenangkan bagi anak, dengan adanya manfaat dari pembelajaran sains, dan pemecahan masalah dalam permainan sains. Buku panduan permainan sains adalah bagian dari fasilitas yang disediakan oleh guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran seperti adanya buku panduan permaianan sains. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Model ini terdiri dari lima langkah terstruktur yaitu : 1) Analisis, 2) Racangan, 3) Pengembangan, 4) Pelaksanaan, 5) Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 guru kelas kelompok B, ahli materi, dan ahli desain. Pengumpulan data penelitian ini adalah angket. Berdasarkan kedua analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa buku panduan permaian sains yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan permainan sains untuk pembelajaran kognitif dalam pemecahan masalah anak kelompok B. Analisis hasil angket oleh 12 guru memperoleh (84, 59%), ahli materi (96, 67%), ahli desain (100%). sehingga dapat disimpulkan bahwa buku panduan permainan sains sangat layak dan efektif digunakan untuk memecahkan masalah pada anak usia 5 – 6 tahun. Buku panduan permainan sains dapat menambah pengetahuan dan informasi guru dalam pembelajaran kognitif pemecahan masalah dengan melalui kegiatan permainan sains yang menyenangkan bagi anak, sehingga melatih dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Kata kunci: buku panduan, permainan sains, pemecahan masalah.

Published
2022-01-09
Section
Articles
Abstract Views: 200
PDF Downloads: 492