PEMBUATAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI TIKTOK UNTUK MENSTIMULASI FISIK MOTORIK KASAR PADA TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Pan Nabilah At Tibyani State University of Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media dan respon pembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok dalam menstimulasi fisik motorik kasar pada tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan atau R & D (Research and Development) dengan ASSURE model. Teknik purposive sampling digunakan untuk pengambilan sampel dalam penelitian. Sampel penelitian yaitu 5 guru pengguna media dan 30 anak berusia 5-6 tahun di Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan membagikan link google form. Penelitian ini menghasilkan produk berupa video pada aplikasi TikTok. Dari hasil validasi oleh ahli materi diperoleh 82,85% termasuk kategori baik, validasi ahli media adalah sebesar 80% termasuk kategori baik. Kemudian Uji Reliabilitas item respon media oleh anak dibantu orangtua dan guru (0,953) yang menunjukkan bahwa nilai koefisien Alpha media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok di atas 0,70. Menurut hasil uji validitas yang dilakukan dengan diberikannya beberapa item pernyataan respon media dikatakan valid dan butir item tidak ada yang jatuh. Pemilihan media digital berbasis TikTok dapat didesain sebagai media pembelajaran yang menarik terutama pada lingkup perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun.

Kata Kunci: Media Aplikasi TikTok, Fisik Motorik Kasar, Anak Usia 5-6 Tahun

 

Published
2021-11-27
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 295