Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Pada Anak Usia Dini

  • dwi rahayu wilujeng Universitas Negeri Surabaya

Abstract

         Abstrak

Kemandirian pada anak usia dini sangat penting untuk menumbuh kembangkan sikap kemandirian di dalam diri anak. Permasalahan yang terjadi pada kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 36 Gresik adalah beberapa anak sudah mampu menunjukkan kemandirian intelektualnya dan masih terdapat anak yang belum menunjukkan kemandirian intelektualnya, serta bergantung kepada orang lain selama pembelajaran daring dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap nilai kemandirian intelektual anak usia 4-5 tahun kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 36 Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan mengumpulkan kuesioner dan analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian dan analisis data menggunakan tes correlation untuk menentukan validitas dinyatakan valid hasil akhir pada angket ini yakni sig 0.01 karena <0.05. Hasil reliabilitas pada penelitian ini adalah 0.882 yang mana dapat dikatakan reliabel karena melebihi >6. Korelasi hubungan antara variabel x dan y terdapat hubungan sebesar 16.6%. Terdapat pengaruh kemandirian pada anak ketika melakukan pembelajaran daring di rumah dan masuk dalam kategori rendah. Kemandirian intelektual bagian percaya diri mendapat hasil paling banyak. Pada kemandirian bagian percaya diri anak sudah banyak berinteraksi dan memamerkan hasil pembelajarannya di depan orang lain dan sudah mampu untuk berinteraksi dengan orang lain selain orang tua.

 Kata Kunci: kemandirian, pembelajaran daring

Published
2021-10-15
Section
Articles
Abstract Views: 266
PDF Downloads: 156