PENGEMBANGAN PHONICS TOOLBOX UNTUK MENGENALKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK

  • Delya Tessa Lazmitha Universitas Negeri Surabaya
  • Wulan Patria Saroinsong, Ph.D.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media Phonics Toolbox dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris pada anak pemerolehan kosakata Bahasa Inggris pada anak. penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan desain model Borg and Gall. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sejumlah 50 guru dan 50 orang tua dengan kriteria mempunyai anak usia 5 - 6 tahun,  metode pembelajaran Bahasa Inggris oleh guru masih menggunakan metode konvensional seperti LKA dan tanya jawab, serta sekolah berakreditasi minimal B, yang diakukan 2 kali uji coba, uji coba pertama menggunakan media konvensional yang yang kedua menggunakan media Phonics Toolbox. Hasil penyebaran angket melalui google form menunjukkan bahwa media Phonics Toolbox yang telah dikembangakan terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan kosa kata bahasa inggris anak usia 5-6 tahun. Dengan dibuktikannya uji  kelayakan media dan materi dengan nilai uji kelayakan menunjukan nilai mean 2.94 mendekati skor 3 yang menunjukan range 51-75. Sedangakan untuk materi dalam media Phonics Toolbox mendapatkan nilai mean 3.11 yang menunjukan range 51-75 yang artinya untuk media dan materi  pada media Phonics Toolbox adalah efektif dan  layak digunakan sebagai media uji coba. Hasil uji coba produk terhadap guru sebagai validitas pendukung uji coba yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dengan perolehan nilai sebesar mean 3.31 yang mendekati skor 3 yang menunjukan range 51-75. Sedangkan untuk item penyajian mendapakan nilai mean 3.25 yang mendekati skor 3 yang menunjukan range 51-75. Untuk item manfaat pada media Phonics Toolbox mendapatkan nilai mean 3.26 yang mendekati skor 3 yang menunjukan range 51-75, sehingga dari hasil uji coba kepada guru sebagai uji coba pendukung ahli materi dan ahli media dinyatakan layak. Uji coba terhadap 50 orang tua se Kabupaten Ponorogo yang memiliki anak usia 5-6 tahun menunjukan nilai untuk item meniru dan membedakan pada media Phonics Toolbox  menunjukkan nilai mean 3.43 mendekati skor 3 yang menunjukkan range 21-30. Item  menunjukkan gambar mendapatkan nilai mean 3.70 mendekati skor 4 yang menunjukkan range 31-40.  Item menghubungkan dan menyebutkan menunjukkan nilai mean 3.49 mendekati skor 3 yang menunjukkan range 21-30. Item Menerima dan Menyampaikan  menunjukkan nilai mean 3.41 mendekati skor 3 yang menunjukkan range 21-30. Hasil pengembangan media Phonics Toolbox membeikan implikasi terhadap kemampuan kosa kata berbahasa inggris anak. kesimpulan dari penelitian ini pengem bangan media Phonics Toolbox dapat dinyatakan layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan kosa kata berbasa inggris untuk anak usia 5-6 tahun.

Published
2021-10-24
Section
Articles
Abstract Views: 176
PDF Downloads: 291