Pengembangan Buku Cerita Anti Perundungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Indonesia

  • Alda Vania Pramesthi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa buku cerita anti perundungan pada anak usia 5-6 tahun. Buku ini ditujukan untuk guru PAUD guna membantu guru dalam menyampaikan materi tentang perundungan yang marak terjadi di lingkungan sekolah khususnya lingkungan PAUD. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R & D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implemntation and Evaluation) dan pada penelitian ini sampai pada tahap evaluasi. Subjek dari penelitian ini guru PAUD yang berjumlah 5 orang di Kabupaten Gresik. Sedangkan ahli validasi adalah ahli media dan ahli materi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara yang diberikan kepada 5 guru PAUD dan angket atau kuisioner yang diberikan kepada 2 orang ahli validasi. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa penilaian dari ahli media mendapatkan skor sebesar 68,18% sedangkan dari ahli materi mendapatkan skor sebesar 83,3%. Penilaian dari guru mendapatkan skor sebesar 78,5%.

Kata kunci: buku cerita, anti perundungan, Guru PAUD

Abstract

This development research aims to produce a product in the form of an anti-bullying story book to improve the socio-emotional abilities of children aged 5-6 years. This book for kindergarten’s teachers to assist teachers in delivering material about bullying that is rife in the school environment, especially kindergarten school environment. This research method uses Research and Development (R & D) with the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation) and this research to the evaluation step. The subject of this research is five kindergarten’s teachers in the Gresik District. While validation experts are material experts and media experts Data collection techniques in this study using interview for five kindergarten’s teachers and using cuestionnaire for two validation experts.
The results of the study stated that the assessment of the media expert got a score of 68.18% while the material expert got a score of 83.3%. Assessment from the teacher got a score of 78,5%.

Keywords: story book, anti bullying, kindergarten teachers

Published
2021-11-27
Section
Articles
Abstract Views: 111
PDF Downloads: 297