PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI KELOMPOK A DI TK BUDI DHARMA SURABAYA

  • Hera Desita Azifa Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kemampuan mengenal bentuk geometri ialah salah satu aspek perkembangan kognitif yang butuh dimiliki oleh anak usia dini. Sepanjang pandemi berlangsung kegiatan pembelajaran yang dilakukan di TK hanyalah pemberian tugas berbentuk buku dan LKA Lembar Kerja Anak( LKA), sehingga menciptakan kemampuan mengenal bentuk geometri anak masih sangat kurang. Rendahnya kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri disebabkan guru hanya membagikan buku serta Lembar Kerja Anak( LKA), sehingga menciptakan anak tidak tertarik serta anak mudah jenuh. Kemudian tata cara pembelajaran sepanjang pandemiyang disampaikan guru juga kurang berkreasi sehingga anak mudah bosan. Kedudukan media pembelajaran dapat memberikan pemahaman kepada anak tentang konsep bentuk. Salah satu media yang bisa membuat anak terkesan serta tertarik sehingga anak akan memperhatikan serta mendengar merupakan media audio visual. Media audio visual yang akan digunakan dalam penelitian ini merupakan media video yang berisi tentang mengenal bentuk geomteri dasar untuk anak usia dini 4- 5 tahun. Tujuan dari penelitian tersebut merupakan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok A. Kategori penelitian ini memakai jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini memakai rancangan penelitian preliminary research dimana rancangan penelitian ini buat mendapatkan data mengenai permasalahan yang terdapat dan kemungkinan memerlukan perbaikan serta inovasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini merupakan observasi dan angket ataupun kuisioner yang disertai video dilakukan secara online melalui google form. Teknik analisis data pada penelitian ini melalui tahap uji validitas, uji reliabilitas, serta kegiatan pengumpulan data. hasil uji validasi media audio- visual dengan ahli media serta ahli materi yaitu diperoleh hasil nilai rata- rata 86% dari ahli media serta nilai rata- rata 84% dari ahli materi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perhitungan kuisioner dengan jumlah 15 anak di atas merupakan 0, 779, sehingga dapat disimpulkan bahwa media audio- visual“ Kuat” digunakan untuk kemampuan mengenal bentuk geometri kelompok A.

Kata Kunci : media audio-visual, kemampuan mengenal bentuk geometri

Published
2021-12-17
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 103