PERSEPSI KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING AUD DI MASA PANDEMI DI KECAMATAN SUKOMANUNGGAL SURABAYA
Abstract
Adanya kewajiban belajar dari rumah yang berbasis online ini menimbulkan transformasi pada sistem pembelajaran di lembaga TK/PAUD. Sebagai faktor penentu bagi keberhasilan anak di dalam dunia pendidikan, pendidik wajib mempunyai banyak kemampuan diantaranya adalah kemampuan pedagogik. Tujuan dari riset ini yaitu untuk menguraikan permasalahan yaitu persepsi kemampuan pedagogik guru terhadap pembelajaran daring AUD selama pandemi. Sehingga dapat menunjang keefektifitasan serta sebagai pemecahan terbaik dalam pembelajaran jarak jauh dan proses belajar dapat berjalan dengan baik. Pendekatan dalam riset ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner online yang menyertakan 42 guru TK di Surabaya barat khususnya di Kecamatan Sukomanunggal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan pengolahan analisis data mengenai persepsi kemampuan pedagogik guru dalam pembelajaran daring AUD di masa pandemi diperoleh persentase rata-rata sebesar 78,72 %. Uji validitas yang diolah dalam software SPPS 22.0 menggunakan korelasi pearson product moment dengan dasar pengambilan keputusan yakni jika r hitung > r tabel yaitu 0,2973 dengan signifikan 0,05%. Artinya item dapat dikatakan valid. Hasil uji reliabilitas Cronbach alpha menunjukkan angka 0,893 hal ini bisa dinyatakan reliabel karena nilai tersebut bisa lihat lebih besar dari nilai koefisien r yaitu 0,6.
PDF Downloads: 96