Meningkatkan Minat Baca Anak Kelompok B dengan Media Buku Cerita Bergambar di TK. Fajar Surabaya

  • Emi Susilowati

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali oleh hasil data pengamatan studi awal yang menunjukkan kondisi minat baca anak TK Fajar sangat kurang. Hal ini terbukti dari antusias anak tidak nampak, anak tidak suka membuka-buka buku dan anak tidak berani bertanya. Berdasarkan masalah yang ada maka tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat baca anak dengan menggunakan media buku cerita bergambar.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap,yaitu perencanaan,pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi.Subyek ini adalah anak kelompok B di TK Fajar yang berjumlah 20 orang anak,9 anak perempuan dan 11 anak laki- laki.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi,sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.
Dari hasil analisis data aktifitas minat baca anak pada siklus I pertemuan 1 diperoleh data 60%,pada siklus I pertemuan 2 diperoleh data 69%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena target yang di tentukan adalah ≥75 %,maka penelitian ini berlanjut pada siklus 2.Pada siklus 2 pertemuan 1 diperoleh data mengenai aktivitas minat baca anak mencapa 83% dan pada siklus 2 pertemuan 2 mencapai 87%.Berdasarkan anlisis data pada siklus 2 maka target yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil.Selain itu dapat di simpulkan bahwa media buku cerita bergambar dapat meningkatkan minat baca anak kelompok B di TK Fajar Surabaya.

Kata kunci: Buku cerita bergambar, minat baca.

Abstract

The background of this research initiated by the results of earlier studies of observational data that indicates the state reading TK Fajar is very less. This is evident from the enthusiastic children do not appear, the child does not like flipping through a book and the child did not dare ask. Based on existing problems, the purpose of this research is to improve the child's interest in reading by using media picture books. This study uses classroom action research is designed in the form of repeated cycles. In each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation and this is refleksi.Subyek children in group B TK Fajar numbering 20 children, 9 girls and 11 boys laki.Teknik collection of data through observation and documentation , while data analysis using descriptive statistics. From the analysis of the child's interest in reading activities in the first cycle of data gathering 1 obtained 60%, in the first cycle 2 meeting 69% of the data obtained. This research shows the class action has not been successful because the target is determined is ≥75%, then the study continues in cycle 2 cycle 1 meeting 2.Pada obtained data on the activity of reading mencapa children and 83% in cycle 2 meeting 2 reaches 87% . Based anlisis data on cycle 2 the target is reached and the study stated berhasil.Selain it can be concluded that the media picture books to increase reading in group B TK Fajar in Surabaya.

Keywords: picture books, reading.

Published
2013-10-01
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 1684