PENYELENGGARAAN PROGRAM PAUD HOLISTIK INTEGRATIF LAYANAN PENDIDIKAN ERA PANDEMI COVID-19 DI TK INSAN CENDEKIA

  • Risalatul Amalia Universitas Negeri Surabaya
  • Nurhenti Dorlina Simatupang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan penyelenggaraan program PAUD Holistik Integratif (HI) layanan pendidikan di TK Insan Cendekia pada masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui teknikdokumentasi, observasi, dan wawancara. Lebih lanjut, data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui 3 tahapan, yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa TK Insan Cendekia melaksanakan layanan pendidikan sebagai salah satu layanan PAUD HI dengan baik meski dalam pandemi COVID-19. Hal ini dapat diketahui melalui terpenuhinya komponen dan indicator keberhasilan PAUD HI meski beberapa komponen dan indicator kurang maksimal. Adapun hambatan yang ditemui adalah diberlakukannya pembelajaran terbatas dimana siswa dibagi secara bergiliran mengkiti kegiatan belajar mengajar secara daring dan luring. Faktor pendukung keberhasilan terlaksananya program holistik integratif di TK Insan Cendekia adalah kerjasama antara guru, orang tua, kepala sekolah, ketua yayasan sehingga kebutuhan esensial pada anak terpenuhi.

Kata Kunci: pendidikan anak usia dini, holistik integratif, layanan pendidikan, COVID-19

Published
2022-01-04
Section
Articles
Abstract Views: 355
PDF Downloads: 725