PENGARUH SEAMLESS LEARNING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • mas ning nur fasichah universitas negeri surabay

Abstract

Kemampuan tanggung jawab yang rendah pada anak usia 5-6 tahun merupakan studi pendahuluan dalam penelitian ini. Rendahnya kemampuan tanggung jawab anak ini dibuktikan dengan anak belum tau haknya seperti mengemukakan pendapat, anak belum mampu merapikan kembali barang yang telah digunakan pada tempat semula (mainan, alat tulis), menyelesaikan tugasnya (pekerjaan rumah, pekerjaan sekolah), dan menerapkan kata tolong, maaf, dan terimakasih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh seamless learning terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuisioner online yang disebar menggunakan google form kepada orang tua anak usia 5-6 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 24 Surabaya. Pengambilan keputusan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan nilai signifikasi yaitu jika nilai signifikasi < 0,05 maka Ho ditolak sedangkan jika nilai signifikasi >0,05 maka Ho diterima. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh seamless learning terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia 5– 6 tahun.

Kata kunci : seamless learning, perkembangan sosial-emosional, anak usia dini

Published
2022-02-25
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 114