Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Alat Permainan Edukatif (Ape) Lego Pada Kelompok A TK Aisyiyah 44 Tandes Lor I/10 Surabaya

  • Emmy Sulikah Sulikah

Abstrak

Rendahnya kemampuan kreativitas anak kelompok A TK Aisyiyah 44, disebabkan karena
proses pembelajaran yang terkesan membebani anak, dalam arti memaksa anak untuk menguasai
sesuatu dengan cara anak datang, duduk, menulis, menghafal, bahkan mendengarkan ceramah guru
dalam waktu yang lama. Hal ini teridentifikasi dengan 75% dari 20 anak yang hadir atau sekitar 15
anak memiliki daya kreativitas yang sangat rendah, artinya kemampuan anak untuk menuangkan ide
atau gagasan bahkan imajinasinya seakan-akan terbatasi. APE lego dipilih sebagai salah satu cara dan
inovasi guru dalam proses pembelajaran di Taman Kanak–Kanak dalam meningkatkan kreativitas
anak. Hal ini terkait dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan
kreativitas anak pada Kelompok A di TK Aisyiah 44 Surabaya, melalui pemanfaatan APE lego.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus.
Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observsai dan
refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik
analisis data menggunakan statistik deskriptif. Subyek dari penelitian ini adalah anak kelompok A di
TK Aisyiyah 44 Tandes Lor I/ 10 yang berjumlah 20 orang anak, 11 anak perempuan dan 9 anak
Laki- laki.
Dari hasil analisis data aktivitas bermain lego pada siklus I pertemuan 1 diperoleh data 34%.
pada siklus I pertemuan 2 diperoleh data 57%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini
belum berhasil oleh karena target yang ditentukan adalah ≥ 80 %, maka penelitian ini berlanjut pada
siklus 2. Pada siklus 2 pertemuan 1 diperoleh data mengenai kemampuan kreativitas anak mencapai
75% dan pada siklus 2 pertemuan 2 mencapai 83%. Berdasarkan analisis data pada siklus 2 maka
target yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Selain itu dapat disimpulkan
bahwah media Alat Permainan Edukatif (APE) lego dapat meningkatkan kemampuan kreativitas
anak pada kelompok A di TK Aisyiyah 44 Surabaya.


Kata kunci: APE lego, kreativitas

Abstract

Low ability groups A kindergarten child's creativity Aisyiyah 44, due to the learning
process that seemed burdensome children, in the sense of forcing children to master anything
in a way children come, sit, write, memorize, and even listen to the teacher lecture in a long
time. This was identified by 75 % of the 20 children who attend or approximately 15 children
have creative power is very low, meaning that the child's ability to put the idea or even the
idea of imagination as if constrained. APE lego selected as one way and the innovations of
teachers in the process of learning in kindergarten children in foster creativity. This is
related to the purpose of this study was to describe the increase creativity in Group A in
kindergarten Aisyiah 44 Surabaya, through the use of APE lego.
This study uses classroom action research is designed in the form of the cycle. Each
cycle consists of four stages, namely: planning, implementation, action, and refleksi. Teknik
observsai data collection using observation and documentation, while the techniques of data
analysis using descriptive statistics. The subjects of this study were a group of children in
kindergarten Aisyiyah Tandes Lor 44 I/ 10, amounting to 20 children, 11 girls and 9 children
men.
From the results of the data analysis play lego activity in the first cycle 1
meeting 34% of the data obtained 2 meetings on the first cycle of data obtained 57 %. This
research shows the class action has not been successful because the specified target is ≥ 80
%, then the study continues in cycle 2. In cycle 1 2 meeting obtained data on the ability of
children's creativity and reach 75 % in cycle 2 meeting 2 reaches 83 %. Based on the
analysis of the data in cycle 2 the target is reached and the study declared successful.
Moreover, it can be concluded that although the media Educational Gaming Equipment
(APE) lego can improve children's creativity in group A in kindergarten Aisyiyah 44
Surabaya.

Keyword: Lego, the creativity.

Diterbitkan
2013-10-01
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 71