PENGARUH MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK TADIKA PURI SURABAYA

  • Nindiya Restu Ningtyas Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kemampuan bahasa adalah salah satu kemampuan yang penting dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini. Latar belakang penelitian ini adalah karena rendahnya kemampuan berbahasa anak pada sekolah tersebut. Maksud dari penelitian ini agar mengetahui pengaruh media pembelajaran dengan buku bergambar terhadap kemampuan bahasa anak. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre experiment design  dengan teknik rancangan one-group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan statistic non parametrics, sedangkan uji jenjang menggunakan Wilcoxon  dengan rumus thitung < ttabel. Jika thitung < ttabel maka penelitian ini seignifikan. Hasil dari analisis uji Wilcoxon diperoleh thitung = 0 < ttabel = 35. Jika nilai thitung < ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 0<35, maka Ha deiterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku bergambar berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak kelompok B TK Tadika Puri Surabaya.

            Kata Kunci : media buku bergambar, kemampuan bahasa, anak usia dini.

Abstract

Language skills are one of the abilities developed in early childhood education. This research is motivated by the low language skills of children at the school. The purpose of this study was to see the effect of picture book media on children's language skills. This research used a quantitative approach with the type of pre-experimental research with a one-group pretest-posttest design. The data technique used non-parametric statistical level test using Wilcoxon with the formula t count <t table. If tcount <ttable, this research is significant. The results of the Wilcoxon test analysis obtained tcount = 0 <ttable = 35. If the tcount <ttable with a significant level of 5%, namely 0 <35, then Ha is accepted and Ho is rejected. So it can be denied that the picture book media has an effect on the language of group B children at TK Tadika Puri Surabaya.

Keywords: picture book media, language skills, early childhood.

Published
2022-02-25
Section
Articles
Abstract View: 55
PDF Download: 96