PENGEMBANGAN MEDIA KOTKA UNTUK PENGENALAN KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • Mega Mahardhika Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa Media KOTKA (Kotak Angka) yang layak dan efektif guna mengembangkan kemampuan kognitif untuk anak usia 4-5 tahun atau anak kelompok A. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate). Subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun atau anak kelompok A. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tersetruktur berupa kuisioner melalui google form dan observasi. Hasil penilaian kelayakan dari ahli media yaitu memperoleh persentase  91% serta persentase dari ahli materi sebesar 93%, nilai persentase tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Adapun hasil data penelitian yang diperoleh dari uji coba pada guru TK memperoleh persentase sebesar 78,75%, nilai persentase tersebut termasuk dalam kategori baik. Analisis hasil perhitungan lembar observasi pada subjek uji coba terbatas hasil perhitungan t-test berpasangan atau paired test dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 22 diperoleh hasil t hitung sebesar -12.829 dengan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 yang yang lebih kecil dari 0,05 menyimpulkan bahwa media Kotka efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun.

 

Kata kunci : media pembelajaran, lambang bilangan, anak usia 4-5 tahun.

 

Abstract

 

This study aims to produce a product in the form of KOTKA Media (Number Box) that is feasible and effective to develop cognitive abilities for children aged 4-5 years or children in group A. The method used in this study is ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement). , and Evaluate). The subjects in this study were children aged 4-5 years or children in group A. Data collection methods used were structured of a questionnaire through google form and observation. The results of the feasibility assessment of the media experts are 91% and the percentage of material experts is 93%, the percentage value is in the very good category. The results of research data obtained from trials on kindergarten teachers obtained a percentage of 78.75%, the percentage value is included in the good category. Analysis of the results of the calculation of the observation sheet on the subject of limited trials, the results of the paired t-test calculation using the SPSS version 22 application obtained the t-count of -12,829 with a significant value (2-tailed) of 0,000 which is smaller than 0.05. concluded that Kotka media is effectively used to improve the ability to recognize the concept of numbers 1-10 in children aged 4-5 years.

Keywords: learning media , number symbols, children aged 4-5 years.

Published
2022-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 131