Hubungan Status Gizi terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di TKIT Al-Uswah, Bangil, Pasuruan

  • Melly Nia Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Status gizi memiliki peran penting pada setiap aspek perkembangan anak usia dini. Kurangnya gizi pada anak usia dini dapat mengakibatkan fisik anak menjadi lemah, susah berkonsentrasi, sekaligus menghambat perkembangan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi kelompok B di TKIT Al-Uswah berdasarkan status gizi dari indeks massa tubuh melaui pengukuran berat badan dan tinggi badan terhadap perkembangan kognitif berdasarkan kegiatan belajar mengajar yang diterapkan sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menerapkan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional, dan metode yang digunakan yaitu survei analitik. Pada penelitian ini menggunakan sampling total yang berjumlah 25 anak kelompok B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berdasarkan pada angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa uji korelasi status gizi dari pengukuran indeks massa tubuh dengan penilaian  perkembangan kognitif diperoleh nilai koefisien korelasi -0,261 dengan sig 0,001. Perbandingan sig dengan α < 0,05 yang artinya terdapat hubungan antara status gizi terhadap perkembangan kognitif, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai status gizi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kognitif kelompok B TKIT Al-Uswah, Bangil, Pasuruan

Published
2022-06-22
Section
Articles
Abstract View: 37
PDF Download: 8