PERSEPSI ORANG TUA DAN GURU DALAM PENGENALAN ANGKA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT TUNAS HARAPAN, KEC. KARANGPILANG, SURABAYA

  • Fitri Mar'atus Sholihah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Jenjang pendidikan PPT yang setara dengan KB merupakan jenjang pendidikan paling dasar yang
nantinya menuju ke SD, dimana pembelajarannya melibatkan keterampilan membaca, menulis, dan
berhitung yang perlu untuk distimulasi sejak dini. Selama masa pandemi yang mengharuskan lembaga
pendidikan mengadakan pembelajaran daring, lembaga PPT Tunas Harapan merasa kurang mampu
memberikan kegiatan pembelajaran yang maksimal sehingga ketika mengenalkan angka pada anak juga
mengalami hambatan yang membuat wali murid merasa kurang puas dengan kegiatan pembelajaran yang
diterapkan. Dengan adanya permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
persepsi antara orang tua dan guru terhadap pengenalan angka pada anak usia 3-4 tahun, serta bagaimana
cara yang tepat dalam pengenalan angka pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui
pendapat para narasumber secara detail. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua dan guru
menganggap pengenalan angka pada anak merupakan hal yang penting, hanya saja selama masa pandemi
guru merasa kurang mampu apabila menerapkan pembelajaran daring melalui Zoom Meeting atau Google
Meet dan merasa lebih mudah mengaplikasikan WhatsApp. Dari hasil penelitian ini juga dapat diketahui
bahwa cara yang paling mudah dalam mengenalkan angka pada anak usia 3-4 tahun dapat dengan cara
bernyanyi atau bermain dengan melibatkan konsep angka.


Kata Kunci: persepsi orang tua, pengenalan angka.

Published
2022-06-22
Section
Articles
Abstract View: 13
PDF Download: 14