PENGARUH PERMAINAN PAKASI (PANCING ANGKA EDUKASI) TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA KELOMPOK A DI TK HARAPAN BLAJO KALITENGAH LAMONGAN

  • Nidia Triwulandari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai hasil Pre test dan Post  test  sebelum  dan  sesudah  dilakukannya permainan memancing angka,  serta bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan memancing angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok  A. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre eksperimen yang menggunakan  jenis One Group Pre test-Post  test design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 11 anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan statistic non parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian, perhitungan antara hasil Pre test dan Post test mengalami peningkatan yaitu dari nilai rata-rata Pre test sebesar 11,637, sedangkan nilai rata-rata dari post test meningkat sebesar 18,367. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada Pre test dan Post test, sebelum diberikan permainan memancing angka, dan setelah diberikan permainan memancing angka. Lalu pada hasil uji statistik menggunakan Wilcoxon, diperoleh hasil Asymp.Sig (2-tailed) 0,003. Dimana 0,003 < 0,05 maka hipotesis diterima. Artinya terdapat perbedaan antara hasil Pre test dan hasil Post test kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara permainan memancing angka edukasi atau pakasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada kelompok A di TK Harapan Blajo Kalitengah Lamongan.

Kata Kunci: Permainan memancing angka, Mengenal Konsep Bilangan 1-10

Published
2022-06-22
Section
Articles
Abstract View: 33
PDF Download: 12