Pengaruh Alat Permainan Edukatif Magnetic Puzzle Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Pengasahan kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun memberi tantangan tersendiri bagi para guru untuk memberikan penunjang pembelajaran yang tepat karena banyaknya pembelajaran pengembangan berpikir simbolik anak yang hanya diterapkan dengan pengerjaan Lembar Kerja Anak (LKA). Sedangkan sangat perlu untuk menciptakan suasana belajar dengan bantuan alat permainan edukatif yang menarik bagi anak. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh alat permainan edukatif puzzle magnetik terhadap kemampuan berpikir simbolik anak. Dalam penelitian ini, desain kelompok kontrol non-ekuivalen kuantitatif digunakan bersama dengan desain penelitian eksperimen semu. Teknik observasi partisipan digunakan untuk mengumpulkan data. Kemampuan berpikir simbolik anak distimulasi dengan bermain alat permainan edukasi puzzle magnetik menggunakan teknik observasi partisipan. Terdapat 40 peserta dalam penelitian ini, yang semuanya adalah anggota kelas B. Menggunakan teknik analisis statistik non parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairis dengan SPSS versi 25. Setelah diberi perlakuan dengan magnetic puzzle diperoleh hasil signifikansi kelompok pre test dan post test kelompok eksperimen sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Hal tersebut menandakan adanya peningkatan antara kemampuan berpikir simbolik sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan dengan magnetic puzzle.
Kata Kunci: alat permainan edukatif, puzzle, kemampuan berpikir simbolik.
Downloads
Published
Issue
Section

