PENGEMBANGAN MEDIA LIPUTAN BERBASIS LOOSE PARTS UNTUK MENGENALKAN LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN
DEVELOPMENT OF LOOSE PARTS-BASED COVERAGE MEDIA FOR INTRODUCING NUMBER SYMBOLS TO CHILDREN AGED 4-5 YEARS
Abstract
Media merupakan sarana yang sangat penting digunakan untuk proses belajar mengajar. Loose parts merupakan benda yang dapat ditemukan dilingkungan sekitar kita,mudah untuk dipindahkan, dibawa, digabungkan, dirancangulang,dipisahkan, dan disatukan kembali dengan berbagai cara. Anak usia 4-5 tahun seharusnya anak usia tersebut sudah mampumengenal lambang bilangan 1-10, tetapi berdasarkan hasil observasi masih banyak anak usia 4-5 yang belum mampu mengenal lambang bilangan 1-10. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media lingkaran putarangka (LIPUTAN) berbasis Looseparts yang valid dan efektif dalam mengenalkan lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan artikel ini adalahResearch and Development dengan desain 4-D (Define, Design, Development, Dissemination).Pengumpulan data dilakukandenganangket, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji kevalidan dan uji keefektifan media. Kevalidan media memenuhi kategori Layak berdasarkan skor ahli materi 87,5% dan skor ahli media 83,3%. Berdasarkan uji efektivitas dengan diperoleh rata-rata 90%. Keefektifan media memenuhi kriteria sangat Efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pengembangan media liputan berbasis looseparts dapat menstimulasi kemampuan mengenalkan lambang bilangan1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Respon anak sangat antusias dan senang dalam menggunakan media liputan berbasis looseparts anak juga lebih aktif saat bermain media liputan dan dinyatakan valid dan efektif dijadikan sebagai sarana pembelajaran bagi anak usia dini dalam memperkenalkan lambang bilangan.
KataKunci:Media, Loose parts, Lambang bilangan
Downloads

