PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF LISAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK/RA AL-HIDAYAH TAMBAK CEMANDI SEDATI SIDOARJO

  • Raras Sakti Dwi Hastari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Bahasa ekspresif merupakan cara seorang anak dalam mengungkapkan perasaan serta kata-katanya kepada orang lain di sekitarnya. Namun pada kenyataanya, pada anak usia 4-5 tahun di TK/RA Al-Hidayah Tambak Cemandi Sedati Sidoarjo kemampuan bahasa ekspresif anak kurang. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan  media flashcard terhadap kemampuan bahasa ekspresif pada anak usia 4-5 tahun.

Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK/RA Al-Hidayah Tambak Cemandi Sedati Sidoarjo sebanyak 16 anak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui uji wilcoxon diperoleh thitung < ttable (0<30). Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media flashcard berpengaruh terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun di TK/RA Al-Hidayah Tambak Cemandi Sedati Sidoarjo. Selain itu, persentase kemampuan bahasa ekspresif anak sebelum diberi perlakuan /treatment (pre-test) sebesar 38,58% dan persentase kemampuan bahasa ekspresif sesudah diberi perlakuan /treatment (post-test) sebesar 99,98%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun di TK/RA Al-Hidayah Tambak Cemandi Sedati Sidoarjo.

Kata Kunci : Bahasa Ekspresif,  flashcard.

 

 

 

Bahasa ekspresif merupakan cara seorang anak dalam mengungkapkan perasaan serta kata-katanya kepada orang lain di sekitarnya. Namun pada kenyataanya, pada anak usia 4-5 tahun di TK/RA Al-Hidayah Tambak Cemandi Sedati Sidoarjo kemampuan bahasa ekspresif anak kurang. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan  media flashcard terhadap kemampuan bahasa ekspresif pada anak usia 4-5 tahun.

Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK/RA Al-Hidayah Tambak Cemandi Sedati Sidoarjo sebanyak 16 anak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui uji wilcoxon diperoleh thitung < ttable (0<30). Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media flashcard berpengaruh terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun di TK/RA Al-Hidayah Tambak Cemandi Sedati Sidoarjo. Selain itu, persentase kemampuan bahasa ekspresif anak sebelum diberi perlakuan /treatment (pre-test) sebesar 38,58% dan persentase kemampuan bahasa ekspresif sesudah diberi perlakuan /treatment (post-test) sebesar 99,98%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun di TK/RA Al-Hidayah Tambak Cemandi Sedati Sidoarjo.

Kata Kunci : Bahasa Ekspresif,  flashcard.

 

 

 

Published
2022-12-29
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 207