PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MERONCE PADA PEMBELAJARAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN KB SANTO PETRUS TUBAN
Abstract
Penelitian didasarkan pada hasil observasi di KB Santo Petrus Tuban yang menunjukkan bahwa kegiatan meronce untuk pembelajaran motoric halus anak menggunakan alat dan bahan berupa sedotan dan tali kasur. Dimana alat dan bahan tersebut belum sesuai dengan tahapan meronce anak usia dini 3-4 tahun, yang pada usia tersebut merupakan tahap awal melakukan kegiatan meronce dengan bahan manik besar dan tali yang tidak kaku. Peneliti mendapati KB Santo Petrus Tuban memiliki alat dan bahan meronce berbahan kayu ringan serta telah dilengkapi dengan jarum khusus meronce untuk anak. Alat dan bahan tersebut kurang dimanfaatkan secara maksimal oleh guru. Maka peneliti mengembangkan suatu buku panduan meronce yang memuat tahapan meronce serta pola meronce yang sesuai untuk anak usia dini 3-4 tahun
Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). Subjek dalam pengembangan ini adalah ahli materi, ahli media dan guru di KB Santo Petrus Tuban. Objek yang dikembangkan ialah buku panduan meronce. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mengisi kuisioner validasi dan kelayakan buku panduan meronce. Berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli materi dan ahli media, buku panduan ini layak digunakan oleh guru. Uji coba kelayakan dilakukan pada 13 guru di KB Santo Petrus Tuban dan menunjukkan presentase 88%, masuk dalam kriteria baik sekali dan buku panduan meronce ini pun layak digunakan guru dalam kegiatan meronce di kelas sebagai pembelajaran motoric halus pada anak usia 3-4 tahun. Buku panduan meronce ini dapat menambah pengetahuan serta infomasi bagi guru KB Santo Petrus Tuban melakukan kegiatan meronce untuk anak 3-4 tahun sesuai dengan tahapan meronce dan usia anak.
Kata Kunci: Buku Panduan Meronce, Motorik Halus, Anak Usia Dini 3-4 tahun.
Downloads

