Pengembangan Media Busy Book Cika (Cintai Kebersihan) untuk Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia 5-6 Tahun

Development of Busy Book Media Cika (Cintai Kebersihan) for Learning Clean and Healthy Living Behavior for 5-6 Years Old Children

  • Fitri Nur Hidayati Mahasiswa
  • Eka Cahya Maulidiyah Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Adanya permasalahan di TK Kartini Bangkalan seperti beberapa anak yang masih membuang sampah sembarangan dan kurang peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar menjadi pelajaran bagi Guru dan Orang Tua sehingga pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat sangatlah penting sebagai modal utama yang harus diterima oleh anak usia dini. Pada teori Maria Montessori (dalam Loeziana 2017) menyatakan bahwa pada anak usia 0-6 tahun mengalami masa dimana mereka dengan mudah menerima berbagai stimulus dan melakukan berbagai kegiatan dalam memahami dan menguasai lingkungan, serta masa yang diperoleh masa ini akan melekat dalam memori anak dan menjadi fondasi di masa selanjutnya. Dengan begitu perlu diadakan pembelajaran sedini mungkin agar anak mengerti untuk berperilaku bersih dan sehat. Metode pembelajaran busy book pada anak memiliki keistimewaan yang sangat menarik perhatian anak usia dini karena dilengkapi cerita sederhana dengan berbagai kreatifitas isi buku. Dalam hal ini peneliti tergugah untuk melalukan penelitian mengenai pengembangan media busy book agar dapat membantu tenaga didik baik Guru maupun Orangtua mengenalkan cara hidup bersih dan sehat pada anak dengan melalui busy book Cika (Cinta Kebersihan). Metode yang digunakan peneliti yaitu jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengembangkan produk atau menyempurnakan produk. Pada tahap penelitian terdiri dari Analisis, Rancangan, Pengembangan.

Kata kunci: Perilaku, hidup bersih, hidup sehat, Busy book.

Diterbitkan
2023-07-13
Bagian
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 89