Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun
The Effect of Macro Role Play Method on Interpersonal Intelligence of Children 5-6 Years of Age
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh metode bermain peran makro terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan desain yang digunakan kuasi eksperimen dengan jenis non-equivalent control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi partisipan. Sampel pada penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pancasila III Kota Surabaya yang berjumlah 24 anak. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Mann-Whitney U Test yang di bantu program IBM SPSS for Windows versi 22. Hasil perhitungan data menggunakan Mann-Whitney U Test, dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh hasil rata-rata (mean) data kenaikan selisih post-test pre-test pada kelompok kontrol sebesar 6,67 sedangkan pada kelompok eksperimen sebesar 18,3. Maka, di dapatkan hasil dari uji hipotesis bahwa nilai sig 2 tailed sebesar 0,00 dimana nilai ini lebih kecil dari nilai batas signifikansi alfa 0,05 atau (0,00 < 0,05). Dapat ditarik kesimpulan bahwa, Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut dinyatakan bahwa ada pengaruh metode bermain peran makro terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun.
Kata kunci: Anak Usia Dini, Kecerdasan Interpersonal, Metode Bermain Peran Makro.
PDF Downloads: 133