Analisis Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Anak Usia Dini

Indonesia

  • Zahrotun Nisa' Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Khotimah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan formal dan informal memiliki peran penting dalam perkembangan karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak kegiatan ekstrakurikuler terhadap perkembangan karakter disiplin pada anak usia dini. Metode studi kasus kualitatif digunakan dengan melibatkan 7 partisipan dari TK ABA 14, termasuk kepala sekolah, satu guru kelas, satu guru tari, satu orang tua, dan tiga anak dari kelompok awan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan nilai-nilai pendidikan karakter berkontribusi pada pengembangan karakter disiplin; (2) peran guru sebagai fasilitator berperan penting dalam menerapkan nilai-nilai tersebut melalui kegiatan ekstrakurikuler tari; (3) faktor pendukung dalam penerapan nilai pendidikan karakter disiplin di sekolah mencakup fasilitas tempat yang nyaman, sementara faktor penghambat meliputi suasana hati anak yang kurang baik dan kurangnya keselarasan antara orang tua dan guru dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter disiplin.

 

Kata Kunci: Karakter disiplin, Ekstrakurikuler tari, Anak Usia Dini.

Published
2023-07-20
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 53