Pengaruh Big Book Adab Makan Terhadap Pengatahuan Agama Anak Usia 4-5 Tahun

Big Book Adab Makan, Pengatahuan Agama, Anak Usia 4-5 Tahun

  • Imadu Lu'lu'il Mahfudz Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Setyowati Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Perkembangan nilai agama dan moral melalui pemberian pengetahuan agama pada anak merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh Big Book Adab Makan terhadap pengetahuan agama anak kelompok A. Penelitian ini, dilakukan eksperimen dengan menggunakan kelompok A di TK ABA Sidokumpul Paciran sebagai subjek penelitian. Pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan Big Book Adab Makan terhadap peningkatan pengetahuan agama anak usia 4-5 tahun di TK ABA Sidokumpul. Perbedaan antara nilai pre-test dan post-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol melalui uji Independent Samples Test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen (A1) yang menggunakan Big Book Adab Makan dan kelompok kontrol (A2) yang tidak menggunakan media tersebut. Nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, dengan signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Kelompok eksperimen (A1) sebesar 34,27 sedangkan pada kelompok kontrol (A2) 27,18 dan yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Big Book Adab Makan berpengaruh positif terhadap peningkatan pengetahuan agama anak-anak. Media pembelajaran ini membantu anak-anak memahami dan menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang menarik dan efektif.

Diterbitkan
2023-07-23
Bagian
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 15