Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Toilet Training Anak Usia 2-4 Tahun
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh buku cerita bergambar terhadap keterampilan toilet training anak usia 2-4 tahun di Kelompok Bermain (KB) Karunia Surabaya yang kurang optimal. Populasi dalam penelitian ini yaitu anak usia 2-4 tahun yang berjumlah 13 anak. Aspek yang diamati yaitu aspek fisik, emosional, dan verbal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan bentuk one group pretest posttest melalui pengujian non parametrik willcoxon match pairs test. Berdasarkan hasil pengujian wilcoxon match pairs test diperoleh peningkatan hasil dari pretest ke posttest. Hal itu menunjukkan adanya pengaruh buku cerita bergambar terhadap keterampilan toilet training anak usia 2-4 tahun. Pada buku cerita bergambar berisi materi tentang cara membuka celana, jongkok diatas toilet, membersihkan diri/cebok, menyiram kotoran, dan memakainya kembali dengan menggunakan ilustrasi yang detail dan gambar yang berwarna-warni. Sehingga keterampilan toilet training kegiatan buang air besar atau buang air kecil yang dilakukan oleh anak mulai dari membuka celana sampai dengan memakai kembali celana.
Kata kunci: anak usia 2-4 tahun, buku cerita bergambar, toilet training
PDF Downloads: 44