Pengaruh Media Pembelajaran Mastako Terhadap Kemampuan Kreativitas Anak Pada kelompok B
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi ketidakmampuan anak usia dini mengenai kreativitas. Tujuan penelitian eksperimen
ini adalah untuk mendemonstrasikan pengaruh media pembelajaran Mastako terhadap keterampilan kreativitas anak
usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimen dan jenis penelitiannya adalah one group
pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 anak dari TK B
Kepompong School Sidoarjo. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi dengan rumus Uji statistik
non parametrik Wilcoxon dengan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan postets yang
lebih baik setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Mastako dengan metode
demonstrasi. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai Cronbach’s adalah 0,706 pada kelas atas, sebagai dasar
pengambilan keputusan dalam uji reliabilitas bahwa semua elemen variabel yang diuji sebelumnya konsisten atau
reliabel. Hasil tes Wilcoxon bernilai untuk Asymp. sig. (2-tailed), yaitu 0,001 kurang dari < 0,06 maka hipotesis
diterima yang berarti terdapat perbedaan antara pelaksanaan pre-test dan post-test. Kesimpulannya adalah kegiatan
kreativitas TK Kepompong School sidoarjo dengan menggunakan metode media pembelajaran Mastako
berpengaruh terhadap kreativitas TK B. Pentingnya penguasaan dalam berkreativitas. Motivasi yang tepat dari guru
dan orang tua memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan kemampuan kreativitas anak.
Kata kunci: Media pembelajaran,Mastako,Kreativitas.
PDF Downloads: 36