Pengaruh Media Pembelajaran Mastako Terhadap Kemampuan Kreativitas Anak Pada kelompok B

  • rengganis kuskarfianis mahasiswa

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi ketidakmampuan anak usia dini mengenai kreativitas. Tujuan penelitian eksperimen

ini adalah untuk mendemonstrasikan pengaruh media pembelajaran Mastako terhadap keterampilan kreativitas anak

usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimen dan jenis penelitiannya adalah one group

pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 anak dari TK B

Kepompong School Sidoarjo. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi dengan rumus Uji statistik

non parametrik Wilcoxon dengan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan postets yang

lebih baik setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran Mastako dengan metode

demonstrasi. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai Cronbach’s adalah 0,706 pada kelas atas, sebagai dasar

pengambilan keputusan dalam uji reliabilitas bahwa semua elemen variabel yang diuji sebelumnya konsisten atau

reliabel. Hasil tes Wilcoxon bernilai untuk Asymp. sig. (2-tailed), yaitu 0,001 kurang dari < 0,06 maka hipotesis

diterima yang berarti terdapat perbedaan antara pelaksanaan pre-test dan post-test. Kesimpulannya adalah kegiatan

kreativitas TK Kepompong School sidoarjo dengan menggunakan metode media pembelajaran Mastako

berpengaruh terhadap kreativitas TK B. Pentingnya penguasaan dalam berkreativitas. Motivasi yang tepat dari guru

dan orang tua memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan kemampuan kreativitas anak.

Kata kunci: Media pembelajaran,Mastako,Kreativitas.

Diterbitkan
2023-07-28
Bagian
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 36