keaksaraan awal anak PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FONIK BERBASIS AUDIOVISUAL UNTUK PEMAHAMAN KEAKSARAAN AWAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI MUTIARA HATI DRIYOREJO GRESIK

Pengembangan Media Pembelajaran Fonik untuk Pemahaman Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 tahun

  • Intan Resfi Pratiwi Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Adanya permasalahan di TK Mutiara Hati Driyorejo, Gresik belum berkembanganya bahasa secara merata, dikarenakan anak belum dapat membedakan huruf yang penulisan dan pengucapannya sedikit sama. Oleh karena itu, anak harus memiliki kemampuan bahasa yang baik mulai dari keaksaraan dimana anak harus mengenali simbol dari huruf-huruf agar anak dapat berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang benar. Tujuan penelitian ini yakni mengembangkan media pembelajaran serta melihat kelayakan dan keefektifan media yang dikembangkan. Dalam hal ini peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran fonik berbasis audiovisual agar dapat membantu tenaga didik baik Guru maupun Orang Tua.  Metode yang digunakan peneliti yaitu jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengembangkan produk atau menyempurnakan produk dengan jenis pengembangan ADDIE. Pada tahap penelitian terdiri dari Analisis, Rancangan, Pengembangan, pelaksanaan serta diakhiri tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi menjadi puncak dari keberhasilan penelitian dengan dilakukan Pretest dan Posttest. Hasil dari penelitian terlihat dari kelayakan media melalui validasi ahli materi mendapatkan presentase sebesar 93,75% dan ahli media sebesar 90% serta uji coba pengguna sebesar 91,6% , keefektifan media dilihat dari tingkat pemahaman anak mengenai keaksaraan awal meningkat dengan mendapatkan presentasase sebesar Pretest 49,5% Posttest 75%.

 

Kata Kunci: Keaksaraan awal, Audiovisual.

Diterbitkan
2023-07-28
Bagian
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 81